ANALISA HASIL BELAJAR


            Pengertiannya adalah penyelidikan terhadap (karangan, perbuatan, dsb) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab musabab, duduk perkara, dsb). Dengan kata lain, pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan kebenaran.
1.  Menelaah penggunaan waktu belajar
Seorang pelajar mengeluh bahwa ia kekurangan waktu untuk belajar tak ada waktu santai. Pernahkah anda merasakan hal seperti tersebut diatas? Bukankah setiap orang diberi waktu sama oleh Tuhan, yaitu 24 jam sehari semalam? Kekurangan waktu yang dikeluhkan Itu, disebabkan pengaturan waktu yang kurang efektif. Ada beberapa cara menggunakan waktu belajar yang efektif, yaitu menyesuaikan dengan kondisi di rumah, situasi lingkungan, kemampuan menerima memahami dan mengungkapkan kembali materi pelajaran yang diterimanya
2. Menelaah keberhasilan belajar
            Firman mendapatkan nilai delapan untuk pelajaran Matematika sedangkan Aryo mendapatkan nilai lima, Keduanya menerima materi pelajaran dan guru di kelas, dalam waktu yang sama, dan dirumah waktu yang dipergunakan untuk belajarpun sama. Namun hasil yang diperoleh ternyata berbeda. ilustrasi ini menggambarkan bahwa dengan menggunakan waktu belajar yang sama belum tentu menghasilkan prestasi yang sama. Oleh karena itu sebaiknya siswa memahami kemampuan dirinya dalam belajar dan menggunakan waktu yang seefektif mungkin agar mencapai hasil yang optimal.
3. Melihat hubungan antara pengguna waktu belajar dengan keberhasilan belajar
            Keberhasilan seseorang dalam belajar bukan semata-mata tergantung lamanya waktu belajar yang digunakan, Akan tetapi pertu diperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar, yaitu cara belajar dan penggunaan waktu yang efisien. Seorang ahli ilmu jiwa menyatakan 6x1 lebih baik dari pada 1x6 jam. Maksudnya belajar secara kontinyu 6 hari masing-masing satu jam, akan memperoleh hasil yang lebih baik daripada belajar 6 jam terus menerus selama sehari.
4. Karakteristik belajar efektif dan efisien
            Belajar adalah proses mental yang tidak berdiri sendiri ditentukan oleh banyak faktor yakni faktor diri sendiri, faktor di luar diri serta faktor pendekatan belajar yang digunakan.
Perbuatan belajar menghasilkan perubahan dan ciri khas perubahan dalam belajar meliputi perubahan-perubahan yang bersifat:
v    Intensionai (disengaja)
v    Positif dan aktif (bermanfaat dan atas hasil usaha sendiri)
v    Efektif dan fungsional (berpengaruh dan mendorong timbulnya perubahan baru)
Manifestasi perilaku belajar tampak dalam :
v    Kebiasaan
v    Ketrampilan
v    Pengamatan
v    Berfikir asosiatif dan daya ingat
v    Berfikir rasional dan kritis
v    Sikap
v    Inhibis (menghindari hal-hal yang mubazir)
            Belajar dikatakan efektif dan efisien apabila basil yang dicapai/diperoleh seimbang dengan usaha belajar yang dilakukan. Disini terdapat unsur rencana, ketepatgunaan serta kemanjuran pendekatan dan metode belajar yang digunakan. Banyak sekali contoh menunjukkan bahwa belajar tidak akan menjadi efisien jika dalam pemahaman hanya untuk mendapatkan gelar saja atau naik kelas/lulus tanpa mempertimbangkan target yang ingin di capai. Misalkan saya belajar bagaimanapun dengan waktu yang sedikit tapi saya bisa lulus dan naik kelas. Hal ini dapat merubah fungsi dan tujuan dari belajar yang efektif dan efisien.


5. Gaya dan tipe belajar
            Memilih dengan mengaplikasi pendekatan dan metode belajar untuk mencapai efekivitas dan efisiensi belajar, anda perlu mengetahui gaya belajar anda.
Berikut ini akan dikemukakan 3 gaya belajar yang ditemukan para ahli disertai instrumen untuk mengetahui gaya belajar anda.

a. Gaya belajar Visual
    Orang yang memiliki gaya belajar ini memiliki daya melihat (ketajaman indra mata) lebih memudahkan dalam belajar, ia lebih nyaman belajar dengan warna-warni, garis dan bentuk, la lebih suka rnembaca daripada dibacakan, mengingat dengan gambar teratur, Segala sesuatu, memperhatikan penampilan termasuk penampilan catatan dan buku, membutuhkan gambaran umum kemudian merangkap detail-detail serta mengingat apa yang dilihatnya.

    b. Gaya belajar Auditorial
    Orang yang memiliki gaya belajar ini lebih mudah belajar dengan mendengarkan. Berusaha/menggerakkan bibir saat membaca, berbicara dengan pola berirama.

    c. Gaya belajar Kinestik/motorik
    Orang yang memiliki gaya belajar ini lebih gampang belajar dengan memvariasikan gerak dan perasaan. la belajar dengan melakukan, menunjuk tulisan, saat membaca, menanagapi diikuti gerakan fisik, menyentuh teman dan berdirinya mendekat, mengingat sambil berjalan dan sebagainya.


Komentar

  1. Materi ini sangat bermanfaat. Karena dengan adanya materi ini, saya semakin mengerti bagaimana cara saya dapat belajar dengan nyaman melalui artikel analisis hasil belajar ini.

    Debora Aurelia (10)
    XI MIPA 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih semangat selalu mengikuti tips2 dari bu devi ya

      Hapus
  2. Materi ini sangat bermanfaat karena saya dapat lebih memahami apa gaya belajar yang paling sesuai dengan diri saya sehingga saya dapat mengetahui cara terbaik untuk memaksimalkan proses belajar yang sesuai dengan kemampuan saya.

    Dayegha Feruziarya Putri Abelgissabella
    XI MIPA 1
    9

    BalasHapus
  3. Materi ini sangat bermanfaat. Waktu menjadi hal yang penting bagi kita, keberhasilan dalam hasil belajar yang kita rasakan tergantung bagaimana penggunaan waktu yang kita lakukan, keefektifan dan keefisienan penggunaan waktu kita, dapat dibentuk mulai dari bagaimana gaya dan tipe belajar yang cocok bagi kita, melalui materi ini kita diberikan informasi terkait dengan hal-hal tersebut.

    Eulogius Kurdeo Hesay (14)
    XI MIPA 2

    BalasHapus
  4. Menurut saya materi ini sangat berguna bagi pelajar, apalagi pelajar yang belum mengetahui gaya belajar mereka, cara mengatur waktu, dan jadi tau fungsi belajar


    Selviana Firli Salma Unaira
    XI Mipa 3
    32

    BalasHapus
  5. Materi ini sangat bermanfaat bagi saya. Setelah membaca ini saya menjadi tahu gaya belajar apa yang cocok pada diri saya. Juga saya mendapatkan informasi bagaimana menjalani belajar agar tetap efektif sehingga hasilnya dapat memuaskan.

    Kezia Berlianti L. K.
    XI MIPA 3
    19

    BalasHapus
  6. Materi ini sangat bermanfaat untuk saya. Setelah membaca materi ini, saya menjadi tahu gaya belajar yang cocok dengan saya. Saya juga menjadi tahu tentang dan bagaimana cara belajar yang efektif.

    Berlian Dwinda Cahyaning Maharasti Putri
    08
    XI MIPA 3

    BalasHapus
  7. Materi ini sangat bermanfaat , setelah membaca saya jadi tau kecenderungan saya dalam belajar dan mengerti penggunaan dan keberhasilan dalam belajar

    Muhammad Aufarrafif hanafi
    XI MIPA

    BalasHapus
  8. Menurut Saya materi ini sangat bermanfaat karena Saya sekarang mengetahui bagaimana cara Saya menganalisis hasil belajar yang mungkin selaras dengan apa yang Saya inginkan dan Saya dapat mengetahui gaya belajar apa yang cocok dengan pribadi Saya.

    Wahyuni Amirotul Hasanah
    XI MIPA 1
    34

    BalasHapus
  9. Materi ini sangat bermanfaat, saya menjadi tahu bagaimana gaya belajar saya dan kapan waktu belajar yang efektif. Materi ini juga sangat berguna untuk seseorang yang kesulitan mengelola waktu belajar dengan baik.

    Chandraqila Kalanjana
    XI MIPA 1-06

    BalasHapus
  10. Materi ini sangat bermanfaat bagi saya. Karena dengan adanya materi ini, saya jadi lebih tau dan lebih paham tentang gaya dan tipe belajar. Dan lebih tau bagaimana cara belajar yang efektif. Kita juga bisa menerapkan gaya dan tipe belajar mana yang cocok pada diri kita masing-masing.

    Nabila Rizqi Auliya
    XI MIPA 1
    25

    BalasHapus
  11. Materi ini sangat bermanfaat bagi saya, karena kita bisa tau gaya belajar mana yang cocok dan materi sekolah bisa masuk ke otak lebih cepat bisa selaras dengan waktu yang saya gunakan belajar. Saya akan mulai belajar me manage waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Materi ini sangat bermanfaat bagi saya, karena kita bisa tau gaya belajar mana yang cocok dan materi sekolah bisa masuk ke otak lebih cepat bisa selaras dengan waktu yang saya gunakan belajar. Saya akan mulai belajar me manage waktu.

      Dzul izzah
      XI mipa 1
      13

      Hapus
  12. Memberikan pengetahuan yang menjurus pada gaya belajar saya yang belum saya pahami sebelumnya, memberi banyak informasi agar saya dapat mengetahui gaya belajar seperti apa untuk mempermudah pembelajaran saya.


    Suanamanta Eka Sonya
    XI MIPA 1
    31

    BalasHapus
  13. Karena saya termasuk orang yang kurang suka dengan kegiatan "Belajar", membaca artikel ini membuat saya lebih tahu tentang gaya belajar yang saya butuhkan dan itu sangat bermanfaat bagi saya

    Adesta Dermawan W (01)
    XI MIPA 2

    BalasHapus
  14. Materi ini bermanfaat bagi saya, karena saya dapat menemukan kecocokan antara cara penyampaian informasi dan jenis gaya belajar yang melekat pada diri saya. Setelah menemukan gaya belajar dan mengetahui metode terbaik, saya dapat berkembang dengan pesat di dalam proses belajar, bahkan pada sesuatu sebelumnya saya anggap susah dan rumit

    Natasya Yoanoella R
    XI - MIPA 2
    26

    BalasHapus
  15. Menurut saya artikel ini bermanfaat bagi saya karena saya menjadi lebih mengerti dan menemukan gaya belajar yang cocok dengan saya dan saya menjadi lebih paham mengenai cara belajar yang efektif dan efisien

    Dustin Isa Alvarenza
    XI MIPA 3/11

    BalasHapus
  16. Materi ini sangat bermanfaat terutama untuk menemukan gaya belajar dan mengatur waktu

    Stefanus meryco christian (34)
    XI MIPA 3

    BalasHapus

Posting Komentar