NICHE DALAM BLOG

 


Sumber: http://www.sarjanapedia.com/2018/05/bagaimana-cara-membuat-blog-bule.html

APA ITU NICHE DALAM BLOG?

Ketika ingin membuat blog, salah satu hal yang harus Kita putuskan sebelum memulai adalah menentukan niche blog. Dengan menentukan niche terlebih dulu, blog Kita akan lebih terarah. Maka dari itu, untuk yang belum tahu tentang apa itu niche blog, Kita berada di tempat yang tepat, bagi sebagian blogger sangat penting. Terutama blogger yang ingin memonetisasi website dan blognya.

Sebenarnya, bisa saja blog gado-gado yang bisa dimonetisasi. Hanya saja, mesin pencari seperti Google lebih menyukai blog dengan niche yang spesifik. Niche blog adalah sebuah tema atau topik pembahasan di suatu blog. Sebagai blogger, Kita bisa memilih konten sesuka hati. Dengan fokus pada sebuah niche, website atau blog dianggap memiliki nilai lebih. Tidak hanya di mata mesin pencari, namun juga dari sisi user.

1. Sebuah Tema Untuk Blog

Dalam penerapannya, apa itu niche blog dan apa kelebihannya tersebut bergantung pada bagaimana sebuah tema yang ada pada websitye yang Kita miliki itu sendiri. Di sinilah segalanya akan mampu menghadirkan kepada Kita dengan pencapaian yang Kita butuhkan itu sendiri. Di sinilah segalanya akan mampu menghadirkan kepada Kita pencapaian yang Kita butuhkan itu sendiri. Pada akhirnya nanti, jelas hal tersebut akan mampu memberikan kepada Kita pencapaian yang tepat ada di dalamnya.

2. Tujuan Utama Website

Lalu dalam tahapan tertentu, disini Kita akan mampu mendapatkan tujuan utama dari website yang Kita miliki tersebut. Segalanya akan mampu menghadirkan kepada Kita sebuah penerapan dan pencapaian yang Kita inginkan di dalamnya. Inilah yang jelas akan memberikan kepada Kita sesuatu yang sangat tepat dan terbaik di dalamnya. Jadi tujuan tersebut akan jelas bisa menghadirkan kepada Kita sesuatu yang tepat.



Apa keuntungan dari Niche blog?

Berikut ini beberapa keuntungan yang Kita dapatkan dari menerapkan niche blog:

1.     Membuat Kita Lebih Fokus – niche blog bisa membuat Kita lebih fokus pada topik tertentu sehingga tidak meluas ke berbagai topik. Hal itu bisa membuat Kita lebih konsisten dalam menulis blog.

2.    Bisa Dikenal sebagai Ahli – dengan niche blog, Kita bisa dikenal sebagai ahli pada topik tertentu dan dijadikan referensi oleh banyak orang.

3.    Lebih Mudah Dimonetisasi oleh Pemilik Iklan  – jika blog Kita sudah dikenal sebagai ahli dan menjadi referensi banyak orang, banyak produk yang ingin memonetisasi atau meng-endorse blog Kita.

4.    Meningkatkan CTR iklan – iklan yang relevan dengan niche blog Kita akan lebih banyak diklik oleh pengunjung sehingga Kita akan mendapatkan bayaran iklan lebih banyak.

Bagaimana Cara memilih Niche blog dan memulainya?

Untuk bisa memahami pentingnya niche blog, sebaiknya kenali apa saja fungsi niche blog itu sendiri. Dengan begitu, kamu bisa menarik kesimpulan mengapa hal tersebut penting untuk diperhatikan sebelum menulis konten blog. Dengan niche blog, pengguna internet atau pembaca bisa mencari informasi yang berfokus pada topik yang relevan.

Apa itu niche blog tentu sudah kamu ketahui di awal bahkan jauh sebelum memutuskan untuk membuat blog, bukan? Kini kamu bisa mulai memilih niche yang tepat dengan beberapa cara, seperti:

·         Sesuaikan pilihan niche dengan topik yang disukai atau dikuasai

·         Tentukan jenis blog yang akan dipilih

·         Pertimbangkan tren dalam memilih niche blog

·         Pilih niche yang memberikan peluang bisnis atau cuan

·         Lakukan riset

·         Persempit pilihan niche

·         Manfaatkan mesin pencari untuk mendapatkan niche

·         Gunakan media sosial untuk mencari lebih banyak pilihan niche

·         Mengevaluasi Potensi Niche Blog

Setelah mendapatkan beberapa pilihan niche yang dianggap sesuai berdasarkan beberapa pertimbangan, seperti jenis blog, tren, keahlian, peluang bisnis, dan hal lainnya, sebaiknya lakukan evaluasi potensi niche blog pilihanmu. Dengan begitu, kamu akan semakin yakin bahwa niche blog pilihanmu adalah yang paling tepat.






10 Niche yang popular dan bisa menambah wawsan jika mau memulai Niche blog:

1. Kesehatan

Saat ini dunia sedang mengalami pandemi yang memang semua diharuskan selalu menjaga daya tahan tubuh. Memang, dari waktu ke waktu selalu saja ada isu seputar kesehatan apalagi saat seperti ini. Pencari informasi di internet terkait kesehatan terus bertambah. Nice kesehatan sebelum adanya pandemi Covid-19 memang sudah sangat ramai.

2. Finance

Isu keuangan bukanlah hal yang bisa disepelekan. Dari sini, kita tahu pasti banyak orang yang akan mencari informasi terkait dunia finance seperti Inspirasi, tips, dan advice. Biasanya orang juga akan mencari informasi tentang investasi, e-money, manajemen keuangan, bisnis dan lain sebagainya. Terbukti dari pencarian Google yang berkaitan tentang “investasi” ataupun “peluang usaha dan bisnis” masih stabil hingga saat ini.

3. Kuliner

Tema kuliner adalah salah satu niche blog yang cukup banyak penggemar. Jauh sebelum era food vlogger, warganet telah jatuh cinta pada orang-orang yang aktif menulis tentang makanan dan segala tetek bengeknya. Mereka biasa disebut sebagai food blogger.

4. Wisata & Travel

Wisata dan berlibur menjadi salah satu kebutuhan semua orang. Terlebih untuk melepas penat setelah bekerja. Biasanya untuk berwisata, orang mencari informasi terkait destinasi wisata, biaya masuk/tiket, harga transportasi dan lain sebagainya.

5. Teknologi

Saat ini perkembangan teknologi yang semakin pesat dari waktu ke waktu yang memunculkan produk-produk terbaru. Dari sini kita tahu pencarian terkait niche teknologi memiliki peluang yang besar juga. Kalian juga tak perlu khawatir dengan topik yang akan dibahas karena teknologi yang selalu update dan selalu terbarui. Ada banyak pembahasan yang bisa kalian tulis di blog kalian seperti seputar gadget, laptop, aplikasi, gaming dan masih banyak lagi.

6. Beauty (Kecantikan)

Tahukah Kita, bahwa tema kencantikan selalu dicari orang. Tren ini terjadi karena telah banyak profesi beauty influencer. Kita bisa memanfaatkan tren ini dengan menulis artikel dengan niche kecantikan. Pembahasan yang bisa Kita tulis juga cukup banyak. Seperti review produk kecantikan, produk skincare, dan lain sebagainya.

7. Game Online

Game online memang menjadi salah satu niche blog yang juga terus mengalami peningkatan. Apalagi saat ini game sudah merambah ke pengguna ponsel. Mobile gaming menjadi tren yang tinggi, mengingat para gamer lebih memilih mobile gaming seperti Mobile Legends, PUBG, dan lain sebagainya.

8. Edukasi

Saat ini kita tahu semua informasi yang ingin kita cari sudah tersedia di internet. Salah satunya terkait dunia pendidikan. Mengingat saat ini sebagian besar pelajar melakukan pembelajaran melalui daring sehingga mereka banyak mencari artikel edukasi melalui internet.

9. Olah Raga

Niche yang satu ini juga memiliki peminat yang banyak. Karena dinilai populer dan memiliki bahasan yang luas, banyak blogger yang menulis artikel nice blog mereka dengan pembahasan olahraga. Kita pun tidak akan kehabisan ide untuk membahas niche blog olahraga ini karena ada banyak sub pembahasan terkait olahraga.

10. Parenting

Siapa sangka isu terkait parenting ini terus mengalami peningkatan. Pastinya sebagai orang tua akan berupaya memberikan berbagai hal yang terbaik untuk anaknya. Tak sedikit mereka mencari informasi berkaitan dengan parenting yang baik. Mulai dari mencari artikel inspiratif maupun motivasi.

itu sekilas informasi dari niche ... yuks tentukan Niche mu ya 

 

Komentar

  1. Awal ngeblog beberapa tahun lalu sempat punya banyak blog dengan Niche khusus sekitar 7 blog. Ada Niche kesehatan, parenting, religi, budaya Indonesia dll. Tapi seiring berjalan waktu agak kewalahan ngurus banyak blog.. Sekaran fokus di 1 blog aja 😁

    BalasHapus

Posting Komentar