POLA HIDUP SEHAT


a. Pengertian Pola Hidup Bersih dan Sehat.
Pengertian pola hidup sehat adalah upaya setiap orang yang ingin selalu sehat, yaitu dengan memperhatikan gaya hidup sehat agar tubuh selalu terhindar dari berbagai macam penyakit. Tidak cukup hanya mengetahuinya, anda juga harus mempraktekkannya. Dengan pola hidup sehat, tubuh anda akan selalu sehat dan tampak segar serta bugar.
Pada era modern seperti sekarang ini, banyak orang yang tidak menghiraukan kesehatan tubuhnya. Contohnya mereka yang masih di usia muda, yang semangatnya masih besar dan beranggapan bahwa tubuhnya masih kuat dan tidak bisa sakit. Padahal kita semua tahu bahwa penyakit bisa menyerang siapa saja, baik muda maupun tua. Contoh lain orang yang tidak menghiraukan kesehatannya adalah orang yang sibuk dengan pekerjaannya. Jangankan melakukan gaya hidup sehat, bahkan waktu untuk makan pun sering kali lupa.
Agar bisa menjalani pola hidup yang sehat, kita harus mempunyai niat yang kuat. Bila memiliki niat yang kuat, maka yang harus dimiliki lagi adalah rasa kemauan dan kemampuan yang kuat untuk bisa menjalani pola hidup yang sehat. Berikut ini adalah langkah – langkah pola hidup sehat :
1.     Berolahraga
Olahraga merupakan kegiatan yang mudah untuk dilakukan, tetapi juga ada banyak orang yang sering mengabaikannya. Padahal olahraga ini merupakan kegiatan yang bisa menyehatkan tubuh kita. Apabila kita berolahraga secara teratur, maka banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita seperti daya tahan tubuh meningkat, bisa menguatkan tulang - tulang, menurunkan lemak tubuh, mengurangi stress, menambah kebugaran tubuh dam masih banyak lagi.
  1. Menjaga pola makan
Menjaga pola makanan yang harus makan tersebut memenuhi standart kesehatan. Untuk itu kita dianjurkan mengetahui tentang makanan-makanan yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Pada umumnya, banyak orang sering tidak memperhatikan tentang hal ini. Banyak sekali makan yang bisa membahayakan bagi tubuh kita. Seperti makanan yang banyak mengandung pengawet, makanan junk food atau makanan cepat saji. Sebaiknya kita bisa mengatur pola makan kita seperti waktu-waktu yang baik untuk kita makan dan juga makan menyehatkan.
  1. Menciptakan lingkungan yang sehat
Apabila kita ingin menikmati kesehatan yang sesungguhnya maka kita juga harus memperhatikan lingkungan kita yang harus kita jaga. Lingkungan yang perlu kita jaga adalah, air, tanah, udara, iklim, tumbuhan dan lain sebagainya. Apabila kita hidup dilingkungan yang tidak baik seperti berkumpul dengan orang yang perokok, lingkungan yang penuh dengan sampah, banyak terkena asap mobil dan lain-lain. Dengan lingkungan yang tidak baik, juga akan bisa memicu kesehatan kita.
4.     Istirahat yang cukup
Banyak sekali yang mempunyai aktivitas yang banyak yang terkadang lupa dan tidak menghiraukan waktu istirahat kita. Bila kita mempunyai pola tidur yang berantakan seperti tidur yang terlalu larut malam dan harus bangun pagi-pagi untuk bekerja. Padahal apabila kurang istirahat dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi. Sebaiknya apabila istirahat kerja di siang hari paling tidak kita bisa tidur sejenak selama 20 menit agar pikiran kita bisa segar kembali. Tetapi kita harus bisa menata pola tidur kita yang baik supaya tidur bisa tepat waktu dan juga kan menyehatkan tubuh kita.
Sebenarnya pola hidup yang benar tidaklah susah akan tetapi juga tidaklah gampang, karena setiap mempunyai kondisi tubuh yang berbeda-beda, ada yang bergadang tiap hari, akan tetapi tidak mempengaruhi kesehatannya, akan tetapi ada yang bergadang hanya 1 hari langsung mengalami demam atau meriang. Hal ini disebabkan daya tahan seseorang yang berbeda-beda.

Pengertian Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
PHBS sadalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.
PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang Gizi: makan beraneka ragam makanan, minum Tablet Tambah Darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan. Setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan.
Apa Manfaat PHBS  ?
  • Setiap anggota keluarga menjadi sehat dan tidak mudah sakit.
  • Anak tumbuh sehat dan cerdas.
  • Anggota keluarga giat bekerja.
  • Pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga, pendidikan dan modal usaha untuk menambah pendapatan keluarga.

b.    Tips dalam Pola Hidup Sehat
Berikut beberap tips dalam pola hidup sehat, diantaranya :
1.     Penuhi Konsumsi Protein
Sebagian sumber protein yang amat baik meliputi ikan, kacang-kacangan, serta daging. tubuh memerlukan protein untuk perkembangan serta ganti beberapa sel yang rusak.
2.     Hindari Makanan Yang Mengandung Pengawet
Batasilah memakan makanan yang diolah dengan suhu tinggi, serta lama atau dengan pengolahan spesifik yang dapat menyebabkan prokarsinogen layaknya makanan yang diasinkan, diasap, dibakar, dan dipanggang hingga hangus. ada baiknya Anda mengomsumsi makanan yang sudah direbus.
3.     Jauhi Makanan Berlemak
Kurangi terlampau banyak mengomsumsi makanan gorengan, serta makaan yang memiliki kandungan protein serta lemak yanng culkup tinggi seperti makan jeroan.
  1. Makan Buah buahan Fresh
Tahukah anda waktu paling baik makan buah yaitu di antara waktu makan atau sebelum saat makan ? waktu makan buah setelah makan, daya buah cuma dapat disimpan tubuh serta tidak dipakai.


      5.  Kurangi Minuman Memiliki Kandungan Gula
Ada baiknya kurangi minuman yang memiliki kandungan kadar gula yang tinggi, karena gula dapat mempercepat dampak penuaan, obesitas yang menyebabkan pada penimbunan lemak di lever. bisa gunakan pemanis alami layaknya gula aren daripada gula pasir.
  1. Meminum Banyak Air
Amat dianjurkan untuk konsumsi antara delapan sampi sepuluh gelas air dalam sehari. hal ini merupakn panduan yang dapat dikerjakan yaitu dengan minum segelas air sebelum saat makan. terkadang kita tidak betul-betul lapar namun cuma dehidrasi.
7.     Mengawali Program Olahraga Dengan Teratur
Bila anda tidak memiliki rutinitas berolahraga awalilah dengan latihan mudah serta perlahan-lahan beranjak ke type yang lebih berat. pastikan olahraga yang beri kesegaran, layaknya jalan-jalan saat pagi hari.
8.     Jauhi Berat Badan Berlebih atau Kegemukan
Timbanglah berat badan sekali dalam 1 minggu, penelitian menbuktikan bahwa, efek dari kegemukan sangat beresiko berlangsungnya kanker semakin besar terutama kanker payudara, rahim, usus besar, lambung, ginjal, dan kandung empedu., khusnya bagi kaum wanita
9.     Istirahat Yang Berkualitas
Tidur saat malam hari sepanjang enam hingga delapan jam dalam sehari amat baik untuk kesehatan. tubuh dapat bekerja mengobati dirinya sendiri waktu anda tertidur. disamping itu juga bisa menyingkirkan stress dikarenakan orang yang kurang tidur kandungan kortisol atau hormon stress dapat lima puluh persen semakin banyak di aliran darah di banding mereka yang tidur cukup. istirahat yang berkwalitas pada malam hari juga bisa menambah kekebalan tubuh dari penyakit.
10.  Hidup Sehat Dengan Berolahraga
Orang yang rajin berolahraga dapat memiliki daya tahan tubuh yang tambah baik. disamping itu olahraga juga mempunyai banyak faedah yang lain antaralain membuat lancar aliran darah ke beberapa sel otak, metabolisme serta pergantian beberapa sel tubuh berlangsung lebih cepat hingga bikin awet muda, olahraga teratur serta teratur amat pas melindungi tubuh kita dari tumpukan lemak sumber penyakit, serta menambah rasa yakin diri.
11.  Mempunyai Lingkungan Yang Sehat
Pola hidup dibentuk oleh lingkungan. jika anda pingin menukar pola hidup mesti diawali dari lingkungan. ubahnya bermakna anda dapat mempunyai banyak rekan untuk berkomitmen mengaplikasikan hidup sehat.
12.  Berpikir Positif Serta Menghindari Diri Dari Stress
Senantiasa berpikir positif dapat bikin anda jadi bahagia serta dengan demikian kesehatan rohani anda lebih terjaga. berpikirlah positif serta optimis dan selalu bersyukur pada nikmat yang didapatkan tuhan. serta sambutlah hari esok yang lebih cerah.

c.  Kebersihan perorangan dan di dalam Rumah
Setelah kita mengetahui sedikit tentang pengertian pola hidup sehat dan pola hidup bersih dan sehat, maka sekarang kita berusaha untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan yang buruk bagi kesehatan. Agar badan tetap sehat dan mempunyai semangat kerja  yang tinggi, marilah kita perhatikan petunjuk dasar untuk kebersihan.
a.     Kebersihan perorangan
1)     Cucilah selalu tangan Anda dengan sabun setelah Anda bangun tidur, setelah buang air besar, dan sebelum dan sesudah makan.
2)     Teratur mandi. Mandilah setelah bekerja keras dan berkeringat. Sering mandi akan mencegah infeksi kulit, ketombe, jerawat, rasa gatal. Orang yang sakit, termasuk bayi harus dimandikan minimal 2 kali sehari.
3)     Membiasakan selalu memakai alas kaki. Bila kita tidak memakai alas kaki bisa terserang cacing tambang yang memasuki tubuh melalui telapak kaki, dan cacing ini dapat menyebabkan kekurangan darah.
4)     Sikatlah gigi Anda sesudah makan dan sebelum tidur dan hindari makanan yang terlalu manis.
b.    Kebersihan di dalam rumah
1)     Jangan membiarkan hewan berkeliar di dalam rumah atau di tempat kita bermain.
2)     Teratur mandi. Mandilah setelah bekerja keras dan berkeringat. Sering mandi akan mencegah infeksikulit, ketombe, jerawat, rasa gatal. Orang yang sakit, termasuk bayi harus dimandikan minimal 2 kali sehari.
3)     Membiasakan selalu memakai alas kaki. Bila kita tidak memakai alas kaki bisa terserang cacing tambang yang memasuki tubuh melalui telapak kaki, dan cacing ini dapat menyebabkan kekurangan darah.
4)     Sikatlah gigi Anda sesudah makan dan sebelum tidur dan hindari makanan yang terlalu manis.
5)     Jangan membiarkan anjing menjilati bagian tubuh kita atau naik ke tempat tidur. Anjing dapat menyebabkan penyakit rabies.
6)     Jika buang air kecil maupun besar, biasakan di tempat yang telah ditentukan seperti kamar mandi/ WC, jangan buang air kecil maupun besar di sembarang tempat.
7)     Buang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan, jangan membuang sampah di sembarang tempat.
8)     Jangan meludah di lantai, air ludah dapat menyebabkan bakteri penyakit. Apabila Anda bersin atau batuk, tutuplah mulut dengan sapu tangan.
9)     Cucilah sprei, sarung bantal minimal satu minggu sekali dan jemrulah kasur dan bantal Anda.
10)  Bersihkan dan pellah lantai Anda setiap hari, bersihkan perabot-perabot yang ada di dalam rumah, dan bersihkan lingkungan di selalu rumah, dan lain-lain.
Dengan makan makanan yang penuh dengan gizi, sesuai dengan kebutuhan, badan kita akan sehat. Dengan menghindari rokok, minuman keras, sabu-sabu, ganja, dan perkelahian atau tawuran hidup kita akan tenang, damai, sejahtera, dan badan kita tetap punya semangat untuk bekerja dan belajar. Dengan menjaga kebersihan diri kita sendiri dan lingkungan di sekitarnya, kita akan hidup sehat.

Komentar

  1. Terimaksih bu Devi Panjenengan telah berkenan berbagi ilmu yang sangat kami peerlukan. Kutunggu karya Panjenengan berikutnya ya

    BalasHapus
  2. TERIMAKASIH BU DEVI PANJENENGAN TELAH BERKENAN UNTUL MEMBAGI INFORMASI DAM ILMU YANG SANGAT KAMI PERLUKAN . KUTUNGGU KARYA SELANJUTNYA

    BalasHapus
  3. Terima kasih Bu Devi, atas semua penjelasan tentang pola hidup sehat dan telah menambah wawasan kita untuk melakukan pola hidup sehat

    BalasHapus
  4. Terima kasih bu... Ilmu yang saya dapat dari sini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Materi yang bermanfaat bu, apalagi dalam keadaan seperti sekarang ini penting sekali menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  6. Terimakasih bu...
    Materi ini sangat bermanfaat bagi kita.

    BalasHapus
  7. Materi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita

    BalasHapus
  8. Terimakasih bu..
    Ilmu yg saya dapat dari sini akan sangat bermanfaat untuk say

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas materinya. Saya setuju dengan materi ini bahwa kita harus mengatur pola hidup bersih dan sehat, agar lebih terjadwal dengan lebih teratur.

    BalasHapus
  10. Terimakasih banyak, Bu Devi. Materi tips dalam pola hidup sehat sangat bermanfaat untukuntuk mem saya lebih menjaga kesehatan, apalagi di kondisi pandemi saat ini.

    BalasHapus
  11. Terimakasih banyak bu. Saya banyak belajar dari blog di atas. Saya bisa lebih menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar saya.

    BalasHapus
  12. Terimakasih Bu sudah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat dan memotivasi saya dalam menjalankan Pola Hidup Bersih dan Sehat. Apalagi di era New normal ini sangat diperlukan sekali menerapkan hidup sehat setiap hari.walaupun kita masih berumur remaja, namun yang namanya penyakit dapat menyerang siapa saja tanpa pikir umur, atau jenis kelamin. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus selalu menerapkan hidup sehat walaupun tidak 100%, tetapi setidaknya sedikit demi sedikit kita harus menerapkan perilaku sehat mulai dari hal yang paling sederhana.

    BalasHapus
  13. Saya setuju,karena pola hidup bersih & sehat perlu untuk diterapkan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

    BalasHapus
  14. Saya sangat setuju terkait pola hidup sehat dan bersih. Karena dengan pola hidup sehat dan bersih banyak sekali manfaat yang kita peroleh untuk tubuh kita. Terimakasih untuk materinya Bu :)

    BalasHapus
  15. Terimakasih Bu Devi
    Materi yg diberikan sangat bermanfaat apalagi disituasi pandemi covid19,mengingatkan kita untuk menjaga pola hidup sehat

    BalasHapus
  16. Saya setuju bu Devi, karena pola hidup sehat akan memberikan banyak manfaat untuk diri kita sendiri. Terima kasih bu untuk materinya.

    BalasHapus
  17. Saya pribadi sangat setuju dan berterimakasih kepada bu devi, karena telah memberikan serta memperingatkan kita untuk menjaga pila hidup sehat.

    BalasHapus
  18. Terimakasih Bu Devi, telah berbagi ilmu yang sangat bermanfaat. Apalagi dalam suasana dan kondisi seperti saat ini. Saya sangat setuju mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat yang sangat penting untuk diterapkan di kehidupan keseharian, supaya kita dapat meminimalisir dari paparan penyakit.

    BalasHapus
  19. saya setuju,saya siap menjalankan pola hidup sehat

    BalasHapus
  20. Terimakasih materinya Bu Devi, saya sangat setuju dengan materi tersebut, karena dengan menerapkan pola hidup sehat kita akan terhindar dari penyakit, dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar

    BalasHapus
  21. Terimakasih bu Devi,materi yang di berikan sangat bermanfaat bagi kita. Kita jadi tau cara menjaga kebersihan diri kita sendiri dan lingkungan di sekitarnya, kita akan hidup sehat.

    BalasHapus
  22. Terima kasih bu, materi yang disajikan mudah dipahami dan memberi tambahan wawasan tentang bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat.

    BalasHapus
  23. saya sangat setuju bu, dengan menerapkan pola hidup sehat kita terhindar dari penyakit, juga tips pola hidup sehat diatas sangat bermanfaat

    BalasHapus
  24. terimakasih bu, materinya mudah dipahami. saya setuju dengan materi yang bu Devi jelaskan. semoga setelah membaca materi ini kita bisa menerapkan pola hidup sehat

    BalasHapus
  25. Terimakasih bu,saya setuju dengan materi yang di berikan bu devi, itu sangat bermanfaat dan dapat menambah wawasan

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Terimakasih Bu.
    Materinya sangat bermanfaat serta mudah untuk dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,apalagi pada saat seperti ini sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  28. Terima kasih bu, materi yang disajikan mudah dipahami dan memberi tambahan wawasan tentang bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat.

    BalasHapus
  29. Terima kasih Bu Devi materi yang diberikan sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya tentang bagaimana cara pola hidup sehat dengan baik dan benar

    BalasHapus
  30. Terimakasih Bu Devi, materi yang diberikan bermanfaat dan mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  31. Terimakasih Bu
    Materinya sangat bermanfaat, terutama untuk orang yang tidak mengetahui cara mengatur pola makan. Kita jadi bisa tahu bagaimana cara agar kita selalu sehat dengan makanan yang bergizi dan teratur.

    BalasHapus
  32. Terimakasih bu materi nya sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari hari,materi ini mengajarkan kita agar selalu menjaga pola hidup dehat

    BalasHapus
  33. Terimakasih Bu Devi, materi yang diberikan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  34. Terima kasih Bu atas materinya. Saya setuju dengan materi ini, materi ini menambah wawasan saya tentang pola hidup sehat, akhirnya saya tau lebih banyak tentang pola hidup sehat, ternyata selama ini saya blm menerapkan semuanya, setelah mengetahuinya saya akan berusaha lebih baik lagi.

    BalasHapus
  35. Terimakasih bu materi nya sangat bermanfaat, materi ini sangat menginspirasi untuk terus menerapkan pola hidub bersih.

    BalasHapus
  36. Terimakasih Bu Devi, materi dan tips yang diberikan sangat bermanfaat .

    BalasHapus
  37. Terimakasih bu devi, insyaallah materi ini sangat bermanfaat bagi saya untuk menjaga pola hidup sehat dalam pandemi ini semoga juga bisa bermanfaat bagi orang lain.

    BalasHapus
  38. Terimakasih bu Devi atas materinya,materi ini sangatlah bermanfaat bagi saya dan semuanya

    BalasHapus
  39. Terimakasih bu materinya sangat bermanfaat. Karena dengan pola hidup sehat dan bersih banyak sekali manfaat yang kita peroleh untuk tubuh kita.

    BalasHapus
  40. TERIMAKASIH BU MATERINYA INI SANGAT BERMANFAAT SEKALI BAGI SAYA

    BalasHapus
  41. Terimakasih bu devi materinya sangat membantu sekali untuk menjaga pola hidup

    BalasHapus
  42. TERIMAKASIH BU DEVI ATAS MATERINYA. SANGAT BERMANFAAT BAGI SAYA UNTUK TERUS MENEKANKAN POLA HIDUP SEHAT DAN SELALU MENJAGA KEBERSIHAN 👍🏻👍🏻👍🏻

    BalasHapus
  43. Terimakasih Bu Devi materinya sangat bermanfaat bagi saya untuk pola hidup sehat sehari- hari

    BalasHapus
  44. Terima kasih bu, materinya sangat bermanfaat untuk dipelajari hntuk terus menjaga pola hidup sehat.

    BalasHapus
  45. assalamu'alaikum,Bu Devi matur nuwon sampun nyukani materi seng manfaat bagi kulo lan tiyang lintune supoyo hidup sehat lan pola maem e terjogi

    BalasHapus
  46. terimakasih untuk materinya bu, isi materinya sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  47. nazalla dishimawati (23)

    BalasHapus

Posting Komentar