ODOP BLOGGER SQUAD

 


    

 ODOP adalah singkatan dari One Day One Post yang terdiri dari para penulis yang berkumpul dan berkarya. websitenya www.ngodop.com . Ngodop menerima kiriman artikel dari komunitas ODOP pada rubrik  berikut ini:

1.     Lakon, tulisan yang berupa cerita pendek (cerpen), tema, genre dan panjang bebas terserah penulis.

2.    Bait, tulisan berupa puisi, tema bebas dan bisa mengirim 3 sekaligus

3.    Kiat, tulisan berupa tips-tips dalam menjalani hidup, tema bebas, diutamakan terkait dengan dunia penulisan, dan pastinya harus bermanfaat betul.

4.    Pustaka, tulisan berupa review sebuah buku, bisa hasil karya komunitas ODOP, atau buku solo dan antologi. Harus menyertakan  foto sampul, identitas buku lengkap dengan ISBN, dan kutipan sebagian isi dari halaman buku

5.    Dolan, tulisan berupa liputan yang bisa bercerita tentang tempat wisata dengan gaya cerita santai

6.    Dan liputan yang lainnya

Ketentuan dalam menulis itu juga sudah tercantum dalam website tersebut.

BLOGGER

Blogger adalah individu yang suka berbagi bagian dair kehidupannya dengan menulis sebuah tulisan kemudian diposting dalam blog mereka. Blogger adalah profesi ynag memiliki kegiatan mengelola suatu blog baik untuk menulis topic tertentu ataupun kehidupan sehari-harinya.

Apa kelebihan dari blogger? Dibandingkan dengan platform blogging lainnya, blogger terhubung situs blog dengan akun google lain yang kita miliki. Selain G-mail, blog yang ada juga terhubung dengan google Ads, Google analytic dan lain-lainnya.

Trus apa kekurangannya? Yang pertama adalah tampilan dashboard adminnya yang sederhana. Dalam menulis artikel diblogspot bisa kurang leluasa karena tools yang tersedia kurang lengkap.

Manfaat dan keuntungan menjadi seornag blogger:

1.     Meningkatkan kemampuan menulis

2.    Meningkatkan minat membaca

3.    Memperluas koneksi blogger

4.    Blogger jadi sumber penghasilan

5.    Blogger dikenal banyak orang

6.    Berpeluang menjadi ahli marketing

7.    Update soal teknologi

8.    Blogger ahli SEO

Penjelasan lengkap bisa dibaca disini

 



SQUAD

Apa arti Squad dalam bahasa Indonesia?  Merujuk pada suatu kelompok, tim, ataupun pasukan tertentu, missal saja pasukan militer, kelompok pertemanan dan sebagainya. Ini sekarang sedang trend di sosial media tentang squad. Ternyata arti squad juga da dalam bahasa gaul yang dapat bermakna dengan geng atau kelompok pertemanan. Biasanya gang pertemanan ini menambah nama khusus sebagai identintas sehungga akan mudah dikenal serta membedakan dengan ynag lainnya. Biasnaya terdiri dari sekelompok teman yang akrab dan dekat.

Beberapa di antara nama squad yang populer sebut saja seperti Girls Squad yang terdiri dari para artis cantik papan atas yakni Nia Ramadhani, Jessica Iskandar, Jennifer Bachdim, Chacha Frederica dan lainnya. Ada juga Wooga Squad yang menjadi geng pertemanan para bintang Korea Selatan seperti  Park Hyung Sik, Choi Woo Shik, Park Seo Joon, V BTS, serta Peakboy.

Nah setelah tahu masing-masing artinya maka bisa kita simpulkan ODOP blogger Squad adalah komunitas ODOP yang berkumpul dalam kelompok blog. Setiap tahun akan selalu ada OPREC ODOP Blogger Squad yang disingkat OBS. Kegiatan dalam OBS ini beragam tentunya tidak jauh tentang Blogger. Materi yang diberikan bermacam-macam salah satunya adalah:

Adap menuntut ilmu

·         Niat

·         Tidak buru-buru

·         Menghargai ilmu dan guru

·         Menunggu bukan ditunggu

·         Siap amalkan ilmu

4 alasan  memilih blogging:

1.     Meningkatkan kemampuan menulis

2.    Sebagai tempat curhat

3.    Menjaga kesehatan mental

4.    Menjalin relasi

Niche dalam Blog

Ketika ingin membuat blog, salah satu hal yang harus Kita putuskan sebelum memulai adalah menentukan niche blog. Dengan menentukan niche terlebih dulu, blog Kita akan lebih terarah. Maka dari itu, untuk yang belum tahu tentang apa itu niche blog, Kita berada di tempat yang tepat, bagi sebagian blogger sangat penting. Terutama blogger yang ingin memonetisasi website dan blognya.

Sebenarnya, bisa saja blog gado-gado yang bisa dimonetisasi. Hanya saja, mesin pencari seperti Google lebih menyukai blog dengan niche yang spesifik. Niche blog adalah sebuah tema atau topik pembahasan di suatu blog. Sebagai blogger, Kita bisa memilih konten sesuka hati. Dengan fokus pada sebuah niche, website atau blog dianggap memiliki nilai lebih. Tidak hanya di mata mesin pencari, namun juga dari sisi user.

Bisa disimak disini disini

TLD

TLD merupan singkatan dari TOP-Level_Domain yang merupakan nama domain dari setiap website. Posisi TLD sendiri berada di bagian akhir dari suatu URL. Agar dapat memahami apa yang dimaksud dengan TLD secara lebih jelas maka perhatikan struktur dari sebuah alamat website. TLD ini berfungsi untuk mengidentifikasi tujuan, pemilik, atau lokasi geografis situs web tanpa harus melihat kontennya.

TLD dapat dibagi menjadi 3 kategori yaitu

1. gTLD, Generic TLD biasanya umum digunakan siapa saja, contohnya .com,.org,.net,.biz,.info.

2.    ccTLD, Country Code TLD merupakan perwakilan dari Negara tertentu, missal: .id dari Indonesia, .jp unuk Negara Jepang, .uk untuk Negara Amerika Serikat, dsb.

3.    sTLD, Sponsored TLD digunakan untuk seitus web organisasi atu agensi swasta, contoh: .aero untuk industry penerbangan, .edu untuk industry pendidikan, .gov untuk pemerintahan dsb.

Berikut ini referensi penyedia domain:

1.     Rumahweb
2.    Niagahoster
3.    Idcloudhost
4.    Domainesia
5.    Sahabat hosting
6.    Draculla


Dari ke 6 penyedia domain silahkan bisa dipilih jika blog nya mau menjadi TLD. Tentunya masing-maisng ada penawaran khusus tergantung kebutuhan kita ngeblog itu untu apa.



SEO

Apa arti SEO adalah singkatan dari Search Egine Optimization yang merupakan teknik yang diguankan untuk optimisasi suatu website. Lebih lengkapnya silahkan cek disini ya disini

Penjelasan singkat tentang ODOP Blogger Squad ya … ayo kalau mau berkembang Blog nya ikutan bergabung ya … setiap tahun selalu dibuka.

 

Komentar