CERITAKU DAN MASAKU

 



Jika bisa kembali ke masa lalu mungkin aku ingin kembali di beberapa waktu perjalanan hidupku. Time travel ya namanya kembali ke masa lalu dan memperbaikinya. Ternyata hal itu tidak nyata dan hanya ada dalam cerita novel, komik dan sebagainya. Alasanku ingin kembali yang jelas ingin mengucapkan terima aksih pada si Devi kecil yang telah berjuang sedemikian rupa dan berakhir dengan jalan yang seharusnya dilewati.

 

Dalam psikologi perkembangan ada 7 tahap yang dilalui yaitu

1.      Anak-anak

2.      Remaja awal

3.      Remaja akhir

4.      Dewasa awal

5.      Dewasa akhir

6.      Lansia

Dari ke-6 tahapan tersebut individu akan mengalami perkembangan mulai dari perkembangan fisik, psikis, sosial ekonomi, dimana semua ada tugas perkembangan sesuai tahap-tahap tersebut diatas. Apa itu tugas perkembangan? tugas perkembangan ialah tugas yang terdapat pada suatu tahap kehidupan seseorang, yang akan membawa individu kepada kebahagiaan dan keberhasilan dalam tugas-tugas pengembangan berikutnya yaitu apabila tahap kehidupan tersebut dijalani dengan berhasil.

 


Tugas Perkembangan masa anak (berusia antara 6-12 tahun)

·         Belajar ketrampilan fisik yang diperlukan dalam permainan.

·         Pengembangan sikap yang menyeluruh terhadap diri sendiri sebagai individu yang berkembang. Belajar berkawan dengan teman sebayanya.

·         Belajar melakukan peranan sosial sebagai laki-laki atau wanita.

Tugas perkembangan masa remaja difokuskan pada upaya sikap dan

meninggalkan perilaku kekanak-kanakan serta berusaha untuk kemampuan

bersikap dan perilaku secara dewasa. Adapun tugas-tugas perkembangan  adalah berusaha:

·         Mampu menerima keadaan fisiknya

·         Mampu menerima dan memahami peran seks usia dewasa

·         Mampu membina hubungan baik dengan anggota kelompok yang berlainan jenis

·         Mencapai kemandirian emosional

·         Mencapai kemandirian ekonomi

·         Mengembangkan konsep dan ketrampilan intelektual yang sangat

diperlukan untuk melakukan peran sebagai anggota anggota masyarakat

·         Memahami dan menginternalisasikan nilai-nilai orang dewasa dan orang

tua

·         Mengembakan perilaku tanggung jawab sosial yang diperlukan untuk

memasuki dunia dewasa

·         Mempersiapkan diri untuk memasuki perkawinan

·         Memahami dan mempersiapkan berbagai tanggung jawab kehidupan

keluarga.

Tugas perkembangan masa dewasa adalah:

·         memilih pasangan hidup,

·         mencapai peran sosial,

·         bertanggung jawab,

·         mencapai kemandirian emosional,

·         belajar membangun kehidupan rumah tangga dengan pasangan hidup,

·         mengasuh anak, dan menjadi warga negara yang baik.

Tugas perkembangan lansia adalah sebagai berikut:

·         Menyesuaikan diri dengan menurunnya kekuatan fisik dan kesehatan.

·         Menyesuaikan diri dengan masa pensiun dan berkurangnya income (penghasilan) keluarga.

·         Menyesuaikan diri dengan kematian pasangan hidup.

 

            Saat memasuki usia anak-anak atau sekolah mulai dari TK, SD, SMP sd. SMA. Saat masih di SD, daya juang untuk mendapatkan nilai bagus sangat tinggi, sehingga tanpa dipantau ibukku aku bisa belajar karena semua temanku suka belajar. Selain itu aku juga jualan kue seperti pisang goreng, lapis, bakwan, dsb. Hal ini kulakukan karena kondisi ekonomi ynag sulit dan kita berusaha untuk hidup.

Saat masa remaja dimulai dijenjang SMP kumulai mengenal lawan jenis dan mencoba menarik perhatiannya dengan segala cara. Pernah mencoba memakai foundation milik ibukku. Karena kalau ibuk memakai itu sangat putih dan cantik. Sementara aku hitam dna kurus seperti tidak pernah makan. Dan alhasil bukannya cowok itu tertarik malah selalu membullyku dengan bilang muka topeng. Pernah juga aku mencoba menjadi gadis sampul dan senyum pepsodent. Karena tidak ada biaya maka difoto sendiri dengan kamera roll. Gayaku saat itu bak seperti bintang idola dan gagal juga. Namun aku tidak berhenti sampai disitu, banyak ajang-ajang ditahun itu yang kuiikuti dengan berbekal kamera roll yang kalau ingin lihat hasilnya dicetak dulu.

Saat dewasa kumulai saat aku masuk jenjang kuliah. Ada beberapa pebdapat yanb mengatakan bahwa jenjang kuliah masuk dalam dewasa awal dimana masih dalam  pencarian jati diri. Alhamdulillah aku kuliah di jurusan Bimbingan dan Konseling. Saat kuliah tanpa sadar aku mempelajari banyak hal tentang kepribadian salah satunya perkembangan kepribadian. Dan semua yang terjadi padaku dimasa lalu adalah hal normal atau wajar yang terjadi pada seorang individu.


Aku juga suka menulis dalam coretan buku diary.
Bahkan aku mulai menertawakan diriku saat masih SD, SMP, SMA dimana apa yang kulakukan ternyata normal. Disinilah aku mulai memahami diriku bahwa aku harus memacu semua talentaku. Saat lulus yang kupikirkan hanya 1 aku harus bisa menjadi guru BK yang multitalent. Saat ada lomba senam, aku diberi kesempatan untuk mengikuti dan menjadi juara harapan 2. Ditempatku bekerja yang bisa mengoperasikan komputer hanya sedikit termasuk aku. Sering sekali aku dimintai bantuan untuk mengetikkan tugas atau semacamnya. Aku juga aktif dalam kegiatan Musyawarah Guru BK. Aku mulai mengenal banyak banyak orang dengan berbagai karakter.

 Jadi ceritaku itu ternyata aku bisa memenuhi tugas perkembanganku disetiap tahap dengan cara berbeda dan menuju tujuan yang sama menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab. Jika aku bisa kembali ke masa lalu aku ingin memberikan pesan pada si Devi kecil untuk melebarkan sayapnya sejak dulu sehingga semua kemampuan yang dimiliki maksimal dan bisa diasah.

Yach aku juga berterima kasih dengan perkembangan si Devi kecil yang membuat aku terbentuk seperti saya saat ini.

 #OBS2023

#KOMUNITASODOP

Komentar