MENGENAL GSC (GOOGLE SEARCH CONSOLE)

 

Ternyata menjadi seorang blogger tidak harus hanya melulu melihat tampilan tulisan tapi juga perlu melihat juga index pemantaunya. Dan hal ini bisa dilakukan menggunakan tool gratis dari google yang disebut GSC atau Google Search Console. Search Console adalah alat gratis dari Google yang berfungsi untuk membantu pengelola atau pemilik website dalam memonitor performa organik website. Search Console memberikan informasi tentang cara Google meng-crawl, mengindeks, dan menayangkan situs. Hal ini dapat membantu pemilik situs memantau dan mengoptimalkan performa Penelusuran.

Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs Anda di hasil Google Penelusuran. Anda tidak harus mendaftar ke Search Console agar situs Anda dicantumkan di hasil Google Penelusuran, namun Search Console dapat membantu Anda memahami dan meningkatkan cara Google melihat situs Anda.

Search Console menawarkan fitur dan laporan untuk tindakan berikut:

  • Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs Anda.
  • Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui.
  • Melihat data traffic Google Penelusuran untuk situs Anda: seberapa sering situs Anda muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs Anda, seberapa sering penelusur mengklik untuk kueri tersebut, dan banyak lagi.
  • Menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di situs Anda.
  • Menampilkan situs mana saja yang menaut ke situs Anda.
  • Memecahkan masalah terkait AMP, kegunaan seluler, dan fitur Penelusuran lainnya.

Para pemilik website bisa mendaftarkan konten atau situsnya pada GSC sehingga bisa memantau dan mendeteksi system index google. Bisa juga untuk menganalisa query atau halaman yang paling tinggi traficnya.

Meskipun memiliki fungsi yang hampir sama dengan GA  namun ada perbedaan yang boleh dikata agak jauh yaitu google search console  lebih fokus pada performa website. Sementara GA lebih banyak pada berapa pengunjung ke blog saja.

Siapa yang harus menggunakan Search Console?

Pemilik bisnis: Sekalipun Anda tidak akan menggunakan Search Console sendiri, sebaiknya Anda memahaminya, menguasai dasar-dasar pengoptimalan situs untuk mesin telusur, dan mengetahui berbagai fitur yang tersedia di Google Penelusuran.

Pemasar atau pakar SEO: Saat seseorang berfokus pada online marketing, Search Console akan membantu Anda memantau traffic situs, mengoptimalkan peringkat, dan membuat keputusan tepat tentang bagaimana hasil penelusuran situs Anda ditampilkan. Anda dapat menggunakan informasi di Search Console untuk memengaruhi keputusan teknis yang menyangkut situs Anda dan melakukan analisis pemasaran yang andal dengan memanfaatkannya bersama sejumlah fitur Google lainnya seperti Analytics, Google Trends, dan Google Ads.

Administrator situs: Sebagai admin situs, kelancaran operasi situs menjadi perhatian penting bagi Anda. Search Console memudahkan Anda memantau dan, dalam beberapa kasus, menyelesaikan error server, masalah pemuatan situs, dan masalah keamanan seperti peretasan dan malware. Anda juga dapat menggunakannya untuk memastikan bahwa pemeliharaan atau penyesuaian situs apa pun yang Anda lakukan terkait performa penelusuran, berjalan dengan lancar.

Developer web: Jika Anda membuat markup dan/atau kode aktual untuk situs, Search Console akan membantu Anda memantau dan menyelesaikan masalah umum terkait markup, seperti error pada data terstruktur.

kita masuk sebagai pemasar atau pakar SEO kan karena berfokus pada traffic situs yang kita buat. untuk meyakinkan pengguna jasa kita untuk memasarkan suatu produk.

Bagaimana cara memasangnya?

Untuk step by step sudah banyak yang memuat dna membuat tulisan, namun saya akan mencoba menjelaskan secara sederhana.

1. Sebelumnya kita buka blog dulu lalu pilih setelan setelah itu scroll ke bawah sampai ketemu google search console


2. Lalu klik otomatis masuk ke halaman Google search console ... dan aku heran karena kok sudah ada ternyata dulu pernah menautkan waktu memasang TLD domain. Karena mau belajar maka buat baru dengan klik setting lalu pilih property lalu muncul gambar untuk mengisi url atau domain.


3. Setelah pengisian data url maka akan masuk ke kepemilikan dan tinggal next next maka selesai muncul tanda buka properti

4. Buka properti lalu selesai pemasangannya.


5. Setelah ini ditautkan dengan google analytics dengan cara klik setelah dan akan muncul gambar seperti dibawah ini:

Lalu pilih pengaitan analitik google ... dan akan disambungkan dengan GA kita tinggal klik dan sudah ada data alirannya ...

Nah mudahkan sudah selesai loh... lanjut ke index ya ...
Indexing adalah proses pendaftaran sebuah halaman atau website ke dalam koleksi halaman di yang akan ditampilkan oleh mesin pencari. Pada saat kita selesai mempublikasikan halaman baru, sesekali akan terjadi masalah indexing di mana halaman tersebut belum terdaftar ke database mesin pencari.
Kamu dapat mengidentifikasi masalah-masalah ini melalui Google Search Console dengan cara sebagai berikut:
  • Pada halaman Google Search Console, pilih menu Coverage
  • Periksa menu dengan judul Error pada grafik
  • Halaman yang mengalami error akan muncul di bagian bawah grafik
  • masalah indexing search console
Jika kamu menemukan halaman yang belum ter-index oleh Google, kamu dapat mengajukan permintaan kepada robot pencari Google untuk meng-index halaman tersebut.

Berikut langkah-langkah untuk request indexing di Google Search Console:

Pilih menu URL Inspection
Masukkan URL yang ingin di-index
Klik tombol request indexing dan hasilnya tunggu 1 x 24 jam atau seharian. 


Kalau bisa terindeks di google akan muncul tampilan begini saat disearch:



Sebenarnya mudah untuk mengaplikasinya kalau kita sabar menautkan.

Semoga tulisan ini bisa menyemangati semua blogger pemula yang mau berkembang dan berkarya lebih lanjut.

Dibawah ini link pemasangan google search console step by step versi pj  Disini

Sampai jumpa dipemasangan tool google yang lainnya ya ... 

#OBS2023
#odopbloggersquad



Komentar

  1. saya sampai sekarang masih mencoba mempelajari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga blm paham... tapi dipasang dulu sambil diperbaiki

      Hapus
  2. Iya tidak semua kuindexkan ... tapi harusnya semua ya ...

    BalasHapus

Posting Komentar