WISATA IMPIAN RELIGI: PERGI KE BAITULLAH

 


Tempat wisata identik dengan hutan, laut, danau, perkebunan, gunung, safana dan sebagainya yang enak dipandang mata. Namun Setiap orang akan memiliki preferensi wisata sendiri-sendiri. Ada yang suka berwisata ke alam, ada yang suka belanja, ada yang suka wisata sejarah dan lain sebagainya. Indonesia yang sangat kaya destinasi, memang memiliki pilihan wisata yang sangat beragam.

Nah setelah mengetahui jenis wisata maka wisata impian bagiku adalah wisata religi menuju Baitullah. Mahal tapi tetap selalu kuselipkan dalam do’a-do’aku. Karena menunaikan ibadah haji merupakan rukun islam kelima, aku berharap bisa berkunjung kesana suatu saat (Aamiin Aamiin Aamiin Ya Robbalalamin) semoga terkabulkan.

Pengertian dari wisata religi bisa diartikan sebagai destinasi wisata yang berhubungan dengan sejarah, tokoh, hingga tempat ibadah. Wisata ini memiliki banyak manfaat bagi mental dan spiritualitas seseorang. Mulai dari meningkatkan keimanan, menambah wawasan keagamaan, hingga menambah wawasan budaya dan sejarah suatu tempat. Impianku wisata religi menuju Baitullah maka aku akan bercerita tentang dua tempat destinasi yaitu Kota Mekkah dan Madinah. Dalam cerita ini, aku melakukan wawancara terhadap salah satu teman yang pernah berkunjung kesana tahun 2023 ini. Beliau bernama Bu Tunggal Wijayanti salah satu guru Sosiologi yang melaksanakan ibadah Haji tahun 2023. Berikut ini beberapa hal yang diceritakan beliau.

 

sumber: dokumen pribadi

Kota Mekkah

Kota Makkah juga disebut dengan nama Ummu al-Qurra yang berarti induk atau ibu dari negeri. Kata Ummu al-Qurra disebutkan dalam Al-Qur'an sebanyak dua kali, yaitu pada surah Al-An'am ayat 92 dan surah Asy-Syura ayat 7. Tempat wisata di Mekkah yang utama adalah

1.         Masjidil Haram dan Ka'bah

Merupakan tempat tujuan seluruh muslim didunia berkumpul karena ada Ka’bah dengan segala bangunan pendukung dan merupakan tempat yang mustajab untuk berdoa, beliau bercerita kalau melihat Ka’bah semua umat muslim akan menangis.

Masjidil Haram adalah masjid terbesar di dunia yang terletak di kota Makkah. Dibangun mengelilingi Ka’bah, yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah sholat.

Di dalam Masjidil Haram terdapat Ka’bah yang menjadi kiblat bagi umat muslim di seluruh dunia. Masjidil Haram dibangun kembali oleh Khalifah Umar bin Khattab pada 17 Hijriyah. Bangunan Masjidil Haram terdiri atas 4 lantai dengan 95 pintu masuk pada bangunan lama dan 79 pintu pada bangunan baru.

                                                                            sumber: dokumen pribadi

2.         Muzdalifah

Di tempat ini biasanya jamaah haji melakukan mabit atau menginap. Mereka akan bermalam di sana sebelum melanjutkan perjalanan ke Mina. Mabit di Muzdalifah ini wajib dilakukan saat melaksanakan ibadah haji. Di sana pula jamaah disunnahkan mencari batu kerikil untuk lempar jumrah pada tanggal 10 Dzulhijjah di Mina.

3.         Gua Hira di Jabal Nur

Gua Hira merupakan tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril. Wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad SAW adalah Surah Al-Alaq ayat 1 sampai 5. Gua Hira berada di atas puncak Jabal Nur atau biasa disebut sebagai Gunung Bercahaya. Jabal Nur memiliki tinggi 642 meter menjadi salah satu tempat yang paling istimewa dan sering dikunjungi oleh jamaah haji maupun jamaah umrah di kota Makkah.

4.         Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah gunung kecil di Arafah yang sangat bersejarah bagi umat Islam. Menurut data berbagai literatur Islam, bukit ini adalah tempat dipertemukannya Nabi Adam dan istrinya, Hawa setelah diusir dari surga usai memakan buah khuldi. Jabal Rahmah menjadi tempat berdoa yang dikunjungi para wisatawan muslim seluruh dunia, baik mereka yang sudah berhaji maupun menjalankan ibadah umrah.

5.         Jabal Tsur

Jabal Tsur merupakan bukit dengan gua yang berkaitan erat dengan kisah pelarian Rasulullah dari kaum kafir Quraisy di zamannya. Dahulu kala, Nabi Muhammad bersama sahabatnya Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq pernah bersembunyi di salah satu gua ini ketika dikejar kaum kafir Quraisy yang hendak membunuhnya.

6.         Masjid Ji’ranah

Masjid Ji’ranah menjadi salah satu masjid bersejarah di Makkah karena pernah menjadi tempat persinggahan Rasulullah dan pasukannya seusai perang Hawazin. Terletak 21 kilometer dari pusat Kota Makkah, masjid ini selain sarat sejarah juga merupakan tempat ibadah yang nyaman disinggahi.

7.         Masjid Hudaibiyah

Masjid Hudaibiyah terletak di wilayah Hudaibiyah, yang berlokasi sekitar 25 kilometer dari Masjidil Haram. Kini, wilayah Hudaibiyah dikenal dengan nama daerah Al-Syumaisi. Di daerah Hudaibiyah pernah terjadi perdamaian antara Rasulullah dengan orang-orang kafir Makkah yang terkenal dengan Perdamaian Hudaibiyah.

Alasan mengapa tempat-tempat itu wajib dikunjungi karena tempat-tempat itu merupakan serangkaian sejarah Islam yang sungguh luar biasa. Dan tidak lengkap kalau tidak mengunjungi tempat-tempat tadi. Berkaitan dengan kisah para Nabi mulai nabi Adam AS. sampai Nabi Muhammad SAW.

 

                                                                    sumber foto: dokumen pribadi

Kota Madinah

Madinah adalah salah satu dari dua kota tersuci Islam, sehingga menjadikan kota ini tujuan utama bagi jutaan jemaah haji dan umrah. Kota Madinah ini berpusat di sekitar Masjid Nabawi yang dibangun sendiri oleh Nabi Muhammad SAW.  Kota ini sering disebut dengan "Al-Madinah Al-Munawwarah" yang berarti "Kota Bercahaya", karena peran pentingnya dalam kehidupan Nabi SAW dan penyebaran Islam.

Destinasi wisata di Madinah cukup lengkap, ada wisata religi, alam, bahkan kamu juga bisa berwisata belanja.

1.         Masjid Nabawi

Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di dunia dan merupakan masjid pertama di Madinah. Arsitektur masjid ini sangat indah dan menyejukkan mata. kita akan terpesona dengan bangunan masjid ini karena saat masuk terasa sejuk dan nyaman. Di dalam kompleks masjid ini juga terdapat makam Rasulullah, jadi bisa berziarah.

2.         Raudhah

Raudhah masih satu bagian dengan Masjid Nabawi. Raudhah merupakan tempat di mana Rasulullah melakukan ibadah dan juga menerima wahyu. Karena hal ini, masyarakat percaya barang siapa yang berdoa di sini maka doanya akan terkabul. Mustajab dalam berdoa ditempat ini, makanya beliau selama di Kota Madinah disela waktu selalu datang ke Raudhah untuk berdoa’a.

3.         Al Baqi

Selain Masjid Nabawi, tempat ziarah di Madinah yang cukup terkenal adalah Al Baqi. Al Baqi merupakan pemakaman para sahabat dan keluarga Rasulullah. Tempat ini merupakan salah satu tempat sakral di Madinah.

4.         Jabal Uhud

Lokasinya ada di sebelah utara Kota Madinah. Gunung ini adalah salah satu Gunung yang nantinya akan ada di Surga. Menilik sejarahnya, Jabal Uhud merupakan salah satu tempat perang pada saat zaman Rasulullah. Perang ini sering disebut dengan Perang Uhud.

5.        Masjid Quba

Masjid ini ada di Kota Quba yang merupakan salah satu kota terluar di Madinah. Quba merupakan pintu masuk Madinah dari Mekkah. Di kota ini Rasulullah pernah singgah sebelum masuk ke Madinah. Masjid Quba ini juga menjadi masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah.

6.        Masjid Qiblatain

Nama dari masjid ini diambil berdasarkan sejarahnya. Sebelum Rasulullah mendapat wahyu untuk sholat menghadap ke Ka’bah, dulunya umat muslim sholatnya menghadap ke Masjidil Aqsa yang ada di Palestina. Nabi Muhammad mendapatkan wahyu untuk sholat menghadap ke Ka’bah di masjid ini, jadilah masjid ini dinamakan dengan Masjid Qiblatain.

7.        Wadi Jin atau Bukit Jin

Bukit ini juga dikenal sebagai Gunung Magnentik karena mempunyai medan magnet yang besar dan terbalik. Pada saat naik mobil ke sini, cobalah untuk mematikan mesin kendaraan kamu. Mobil akan bergerak sendiri seolah-olah tertarik. Orang dulu menganggap mobil ditarik oleh jin, padahal ada medan magnet besar di bukit ini.

8.        Museum Al Hejaz Railway

Museum ini juga masuk dalam warisan dunia versi UNESCO. Salah satu keunikan dari museum ini adalah adanya proyek pembuatan railway dari Madinah ke Istanbul, Turki. Proyek besar kuno ini merupakan ide dari Sultan Ottoman. Namun proyek ini terbengkalai dan akhirnya menjadi museum. Bangunan dari museum ini juga unik karena memadukan arsitektur Timur Tengah dan Barat.

9.       Sultanese Street

Merupakan tempat belanja khas Arab termasuk pernak-pernik. Kamu yang ingin belanja oleh-oleh dengan harga yang terjangkau bisa langsung datang ke sini. Ada banyak toko dan pedagang kaki lima yang menjual pernak-pernik oleh-oleh khas Arab.

10.  Pasar Bengali

Pasar ini merupakan pasar tradisional Madinah yang menjual barang-barang kebutuhan pokok dan lainnya. Belanjanya sangat murah-murah jika mau.

Destinasi wisata di Madinah ini bisa kita datangi semua kalau sudah melaksanakan kewajiban ibadah haji. Kata Beliau selama di Madinah banyak sekali merpati atau burung dara yang berterbangan, sehingga sangat indah bisa berfoto juga dengan mereka, memberi makan dan sebagainya.

Pesan dari beliau kalau ke madinah harus siap dengan cuaca atau musim disana. Kalau pas musim panas maka panas sekali tidak lupa untuk membawa topi, kacamata hitam, sunscreen, baju yang panjang untuk melindungi kita dari senagtan matahari. Kalau musim dingin tentu saja membawa jaket yang tebal, kaos kaki ataupun masker agar tidak kedinginan. Waktu musim dingin maka udaranya sangat dingin sekali.

Sumber Foto: dokumen pribadi

Demikian sekilas penjelasan dari beliau karena penjelasan sangat detail dan suara beliau yang menjelaskan membuat kita bisa membayangkan situasi disana. Dan itu membuat saya semakin ingin mewujudkan mimpi ini. Aamiin Ya Robbalalamin semoga terkabulkan.

Sumber cerita dan foto: Dra. Hj. Tunggal Wijayanti

#obs2023
#odopblogersquad
#komunitas ododp


Komentar

  1. Masyaallah, beruntungnya bagi yang sudah menginjakkan kaki di tanah suci Mekkah Madinah, baik itu melaksanakan umroh ataupun haji. Semoga kita semua dimudahkan untuk beribadah di sana ya mba, aamiin ya robbal alamiin

    BalasHapus

Posting Komentar