PENGALAMAN PERTAMA BERSAMA GA 4 DAN GTM

 





Apa itu GA? GA ternyata singkatan dari Google Analytics. Wah ini hal baru bagiku … yang berkecipung di Blogger harus kenal juga loh dengan kedua tool tersebut. Yuk kenalan sekilas dengan Google Analytics (GA). Google Analytics adalah merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google. Ada juga yang menyebut sebagai sebuah tools yang biasa digunakan untuk menilai dan mengoptimalkan performa blog. 

Google Analytics digunakan oleh para pemilik website maupun blog dengan tujuan untuk melakukan analisis performa blog berdasarkan data-data statistik yang ditampilkan setelah dibaca oleh sistem.

Manfaat GA

1.    Kita bisa memantau trafik pada blog atau website Tentunya dengan menyematkan tracking code blog yang sudah disediakan pada 

2.   Memudahkan melihat performa blog atau website yang kita miliki,  diantaranya menyajikan data asal trafik, demografi pengunjung, teknologi yang digunakan pengunjung, dan banyak lagi.

3.   Mengetahui konten populer. Kita bisa mengetahuinya dari kunjungan pengunjung pada blog kita, dan trend kunjungan pada konten

Sekarang kenalan dulu dengan GTM. Apa lagi itu ? GTM singkatan ya dari GoogleTask Manager dan sama dengan Ga GTM ini juga merupakan tool untuk memudahkan pengelolaan tag pada sebuah website. Nanti saat pemasangan GA pada blog kita akan diperlukan.

Sebelum lanjut untuk proses pemasangan kita juga perlu mengenal fitur-fitur yang ada di GA ya.

Audience Overview (Pengguna)

Berisi informasi grafik pengunjung sesuai dengan rentang waktu yang ditentukan. Juga menunjukkan jumlah sesi atau interaksi penggunan dengan website atau blog anda.

 

Active Users (Pengguna aktif)

Ringkasan ini menunjukkan jumlah pengunjung yang saat ini melihat web atau blog. Bisa juga mendapatkan informasi ini di Realtime report.

 

Users Returned (Pengguna Kembali)

Untuk melihat users yang melakukan kunjungan ke blog atau web kita dan berapa yang melakukan kunjungan kembali.

 

Acquisition Report

Untuk mengetahui asal traffic pengunjung, sumber pengunjung ataupun dari referal sumbernya.

 

Session By Country

Menunjukkan jumlah sesi berdasarkan negara. 

 

Session by Device

Bagian ini menunjukkan ringkasan berapa prosentase interaksi berdasarkan perangkat yang digunakan yang meliputi perangkat mobile, dekstop, dan tab.

 

*Realtime*

Pada realtime disajikan pengunjung lebih detail misal berdasar lokasi, tampilan halaman per menit, sumber lalu lintas, konten, konversi, dan peristiwa.

 

*Audiences*

Kita bisa mendapat informasi metrik seperti demografi, lokasi geografis, ketertarikan, perilaku, dan berbagai data lainnya tentang siapa audience atau pengunjung anda, berada di usia berapa, dan apa jenis kelaminnya.

 

*Acquisition*

Pada bagian menu report ini anda akan disajikan data pengunjung website atau blog kita dan informasi bagaimana pengunjung menemukan laman yang dikelola, kemudian pencarian terbanyak apakah secara organik, direct, melalui sosial media, atau melalui referal.

 

Pada bagian search console anda juga bisa mendapatkan informasi tentang impression pada masing-masing page, clicks, CTR, Average position, bounce rate, dan masih banyak lagi data yang bisa diperoleh.

 

*Behavior*

Fitur ini menunjukkan bagaimana interaksi pengunjung dengan halaman blog anda. Melalui fitur ini anda bisa mendapatkan informasi tentang page view, unique page view, average time on page (rata-rata waktu orang pada halaman kita. 

 

*Conversion*

Fitur ini sangat bermanfaat bagi pemilik website atau blog yang ingin mengetahui tindakan pengunjung seperti pengunjung yang melakukan pembelian, melakukan download.

 

Fitur itu kuperoleh saat kegiatan Oprec OBS 2023 yang diberikan materi oleh kang Ugik. Terbayangkan kalau tiba-tiba diminta memasang GA ke blog kita. Betapa sulitnya itu yang terbayang dikepalaku. Setelah menentukan hari dan tanggal mau mengerjakan akhirnya kuikuti langkah-langkah pemasangan dari Kang Ugik.

 

Cara Memasang Google Analytics GA 4 di Blogspot dan Wordpress. Karena aku pakai blog maka tutorialnya sesuai dengan blog ku ya …

 1.            Downlod dulu Google Analytics nya

2.           Buat akun GA masuk admin pilih buat akun ada 5 proses 


3.           Isikan nama untuk akun kita lalu next

4.           Bikin property dan isi sesuai dengan kita lalu next

5.           Bisnis detail sesuai dengan blog kita pilih niche kita lalu generade shade pilih Rise a brain awwaranes

6.           Lalu save

7.           Lalau pada data collection pilih platform web

8.           Kita masukkan web kita /blog kita lalu buat

9.           Maka akan muncul ID jaringan

10.        Lalu mulai instalasi lalu kita copy dan parsing dulu kodenya

11.         Setelah parsing copy kita pasang after head

12.        Masuk blog  kita pilih tema lalu pilih sesuaikan disana muncul cadangan dan edit html

13.        Lalu pilih edit html lalu control F ketik head setelah diklik kita letakkan code kita dan simpan lalu tunggu sampai update berhasil

14.        Jika sudah kita buka GA lagi lalu untuk melihat rise report

15.        Pilih admin pilih debug view dan setelah konek akan muncul 



 

 

Untuk pemasangan GTM

1.    Masuk ke google tag manager (GTM)

2.   Lalu buat akun isi data

3.   Lalu pilih buat akan muncul 2 kode lalau kita kopi 1 dan jangan lupa diparsing dulu sebelum mausk ke blog

4.   Lalu buka blog kita dan kita masuk tema sesuaiakan lalu edit html kita pilih head lagi lalu enter dan masukkan code tadi

5.   Kita kembali ke GTM dan pilih kode kedua yang diletakkan setelah kata body

 

Lebih jelasnya bisa tonton  disini ya ... penjelasannya lebih detail dan tertata.

Itulah sekelumit pengalamanku dalam memasang google analytics yang merupakan hal baru bagiku … bingung dan galau akhirnya terpasang namun saat bercerita juga bingung harus dimulai darimana. Semoga teman-teman yang belum memasang bisa memahami caraku menjelaskan ya …

Semangat melakukan perubahan untuk mendayagunakan kemampuan yang dimiliki seoptimal mungkin.

 

#OBS2023

#odopbloggersquad

Komentar

  1. Laura Zahirah S (23)

    1. Dengan cara ibadah dengan
    kesadaran, ibadah dengan kecintaan, ibadah dengan ikhlas, ibadah denfan kekhusukan.
    2. Keanekaragaman keyakinan yang dianut masyarakat, bagi umat beragama merupakan salah satu bentuk ujian tersendiri, yakni bagaimana seseorang harus menjalankan ibadah agama yang dianutnya di tengah kemajemukan masyarakat yang berbeda keyakinan tanpa menimbulkan konflik. Dengan banyaknya karakter yang hidup dalam masyarakat kita maka sangatlah penting untuk menjalin hubungan sosial yang harmonis dan tentram sehingga kan tercapai kelaurga yang harmonis dan sejahtera. Dan hal ini diperlukan kesadaran tinggi untuk memahami bahwa semua makhluk di dunia ini merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Baik terhadap manusia maupun tumbuhan dan hewan, kita punya kewajiban untuk menjaga kelestariannya

    BalasHapus

Posting Komentar