QUOTE

 


Kata quote adalah sebuah kata tunggal dalam bahasa Inggris yang memiliki arti sebuah kutipan atau petikan.  Jadi quote  adalah sebuah kutipan dari sebuah teks atau pidato yang biasa kita temui dalam sebuah ilustrasi. Kalau “Quotes” merupakan bentuk jamak dari Quote yang artinya kutipan-kutipan.

Quote merupakan sekelompok kata atau tulisan pendek yang diambil dari sebuah buku, drama, pidato, dan lain-lain dan diulang karena menarik atau berguna. Quote biasanya diberi tanda kutip (“...”).

Namun dalam perkembangannya “Quote” sering digunakan untuk memberikan motivasi kepada seseorang atau sekelompok orang. Bisa juga sebagai ekspresi mencermikan kepribadian seseorang atau hati dari sseseorang dalam menjalani hidupnya.

Tujuan dari pembuatan “Quote” ini ada beberapa namun yang pasti untuk memberikan seseorang semangat dan termotivasi. Tujuan quote yang terangkum dari berbagai sumber literasi adalah:

1.     Dalam bidang akademis, kegunaan quote dipakai untuk mendukung argumen atau pendapat dari penulis.

2.    Pada ilustrasi atau poster, quote yang berupa kata-kata bijak bertujuan untuk memberi motivasi, inspirasi, pengingat, dan lainnya yang berkaitan dengan gambar

Quotes bisa diambil dari percakapan atau obrolan bersama orang. Maka ada penggolongan quotes dari berbagai macam sumber . Jenis Quotes terangkum ada 4 yaitu:

A.     Quotes motivasi, kutipan yang berisi berbagai macam kata-kata yang membangkitkan motivasi bagi yang membaca ataupun si pembuat

B.     Quotes trend, kalau trens mengikuti kejadian-kejadian yang timbul dalam waktu terbaru dan menjadi  

C.     Quotes Cinta, Kalau tentang cinta pasti kutipan dari berbagai versi banyak sekali karena merupakan ungkapan rasa senang, sedih, benci kecewa dsb.

D.     Quotes Lucu, kutipan ini biasanya muncul ketika sedang dalam obrolan bersama teman-teman dan membuat rasa senang pembacanya atau yang mengucapkan

Contoh ya :

A.     Quotes motivasi

“Jangan takut untuk mencoba, karena kesalahan adalah bagian dari proses belajar”

B.     Quotes trend

“Jangan bicara tapi lakukan, jangan berjanji tapi tunjukkan”

C.     Quotes Cinta

“Tidak peduli seberapa jauh dirimu, kamu akan selalu tetap dekat dengan hatiku.”

D.     Quotes Lucu

“Selalu ikuti kata hatimu, namun jangan lupa bawa otaknya juga”

Nah tentang Quote sudah dipahami ya … bisa juga kita beri foto lalu diberi kata-kata kutipan tadi.

Loh apa bedanya dengan Caption text? Ternyata caption text merupakan salah satu dari kutipan yang diberi foto.

Komentar

  1. Menarik istilah quote ini, kata asli bahasa Indonesia adalah kutipan, tapi tidak sepopuler quote

    BalasHapus
  2. saya suka menulis quote dan membaca kumpulan quote, kalimat sederhana yang memotivasi

    BalasHapus
  3. Ternyata banyak juga yaahhh jenis-jenis Quotes ini, dulu sering sekali bikin desain Quotes terus upload di blog hehehe. Apalagi Quotes yang relate dengan kehidupan saat ini.

    BalasHapus
  4. Quote bahasa Indonesianya kutipan. Saya dulu suka sekali mengumpulkan kutipan-kutipan dari buku dan film yang saya baca dan tonton. Lalu membuat kartu-kartu handmade dan menuliskan kata-kata itu di sana. Kalau ada teman ultah, wisuda, ada acara, atau momen tertentu, saya berikan kartu itu.

    BalasHapus
  5. Aku baru tahu kalau quote itu ada banyak jenis-jenisnya. Karena jujur selama ini aku cuman tahu quote itu kayak istilah bahasa Inggris untuk kata-kata motivasi

    BalasHapus
  6. Sama-sama quote ternyata untuk akademik dan populer punya perbedaan, ya.
    Saya termasuk suka bikin kata-kata berima dengan maksud untuk membuat quote, meski tak tahu siapa yang baca dan apa ada yang terinspirasi

    BalasHapus
  7. Wah, quote itu penting sih apalagi yang memotivasi
    Nah quotes yang dikemas ringan namun syarat makna, pasti ampuh jadi pengingat diri terhadap tujuan hidup

    BalasHapus

Posting Komentar