MENJAGA KEBERSIHAN RUMAH



Kebersihan merupakan sebagian dari iman, sehingga menjaga kebersihan lingkungan juga termasuk apa yang diperintahkan agama. Ada beberapa jenis bersih yang harus kita jaga :

  1. Kebersihan diri, merupakan menjaga kebersihan seluruh badan mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Hal ini akan berdampak pada kondisi kesehatan kita.
  2. Kebersihan Lingkungan, kebersihan lingkungan erat kaitanya dengan masalah kesehatan. Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat. Kelalaian dalam menjaga kebersihan lingkungan merupakan awal dari mewabahnya berbagai penyakit. Banyak wabah penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari kebiasaan membuang sampah pada tempatnya
  3. Kebersihan hati, Bersihkan hati dengan ikhlas. Makna ikhlas adalah menjernihkan dan membersihkan hati dari segala sesuatu yang mengotorinya. Ikhlas adalah segala kecenderungan pada Allah, menjadikan keridhaan Allah sebagai alasan mengerjakan perintah dan meninggalkan larangan.
  4. Kebersihan harta, Tazzkiyah adalah  mensucikan harta dengan Zakat. Zakat  adalah rukun ketiga dari rukun Islam. Secara harfiah Zakat berarti Tumbuh, Berkembang, Menyucikan atau Membersihkan. Sedangkan secara terminologi syari’ah, Zakat merujuk pada aktivitas memberikan sebagian kekayaan dalam jumlah dan perhitungan tertentu untuk orang-orang tertentu sebagaimana ditentukan.

Agar badan tetap sehat dan mempunyai semangat kerja  yang tinggi, marilah kita perhatikan petunjuk dasar untuk kebersihan.

a.     Kebersihan perorangan

  • Cucilah selalu tangan Anda dengan sabun setelah Anda bangun tidur, setelah buang air besar, dan sebelum dan sesudah makan.
  • Teratur mandi. Mandilah setelah bekerja keras dan berkeringat. Sering mandi akan mencegah infeksi kulit, ketombe, jerawat, rasa gatal. Orang yang sakit, termasuk bayi harus dimandikan minimal 2 kali sehari.
  • Membiasakan selalu memakai alas kaki. Bila kita tidak memakai alas kaki bisa terserang cacing tambang yang memasuki tubuh melalui telapak kaki, dan cacing ini dapat menyebabkan kekurangan darah.
  • Sikatlah gigi Anda sesudah makan dan sebelum tidur dan hindari makanan yang terlalu manis.

b.    Kebersihan di dalam rumah

  • Jangan membiarkan hewan berkeliar di dalam rumah atau di tempat kita bermain.
  • Jangan membiarkan anjing menjilati bagian tubuh kita atau naik ke tempat tidur. Anjing dapat menyebabkan penyakit rabies.
  • Jika buang air kecil maupun besar, biasakan di tempat yang telah ditentukan seperti kamar mandi/ WC, jangan buang air kecil maupun besar di sembarang tempat.
  • Buang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan, jangan membuang sampah di sembarang tempat.
  • Jangan meludah di lantai, air ludah dapat menyebabkan bakteri penyakit. Apabila Anda bersin atau batuk, tutuplah mulut dengan sapu tangan.
  • Cucilah sprei, sarung bantal minimal satu minggu sekali dan jemrulah kasur dan bantal Anda.
  • Bersihkan dan pellah lantai Anda setiap hari, bersihkan perabot-perabot yang ada di dalam rumah, dan bersihkan lingkungan di selalu rumah, dan lain-lain.

Dalam membersihkan rumah secara bersih perlu untuk diketahui, tidak sekedar disapu, dipel diberi pengharum. Karena tujuannya agar bisa menciptakan suasana rumah yang nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit.  Tidak ada metode khusus untuk membersihkan rumah namun semua individu punya caranya tersendiri dengan tips dan trik gaya masing-masing. Nah perlu diketahui dalam membersihkan rumah perlu adanya jadwal secara rutin yang bisa menjaga rumah tetap bersih dan nyaman. Kalau rumahnya kecil mungkin bisa dengan cepat dibersihkan, apalagi si empunya tidak suka terlalu barang. Bagaimana cara membersihkan rumah jika luasnya mencapai 52 hektar. Ada pohon mangganya besar, ada garasi besar, ada kamar tidur sejumlah 4, dan harus siap sebelum pukul 07.00. Sebenarnya mudah menyerahkan urusan itu ke Inem (istilah ditempatku jika memberikan tawaran jasa memebersihkan rumah) yang bisa datang hanya dalam waktu 4 jam.

Berikut ini cara membersihkan rumah yang memiliki luas 52 hektar:

  1. Buatlah data jenis kegiatan dalam membersihkan rumah
  2. Pilah data untuk kegiatan yang bisa dikerjakan 1 bulan sekali, setiap hari atau seminggu sekali
  3. Lalu kerjakan. Nah ini yang sering badmood

Di bawah ini contoh pendataan jadwal kebersihan rumah!

No.

Uraian Kegiatan

Jadwal

Sarana yang diperlukan

Penanggung jawab

1.

Membersihkan area kamar mandi

Seminggu sekali setiap hari sabtu

Sabun lanatai, sikat, gayung

Bapak

2.

Membersihkan rumah dalam : menyapu dan mengepel

Setiap hari pukul 15.00

Kain pel, sapu

Kakak 1

3,

Menyapu halaman

Setiap hari pagi jam 06.00

Sapu korek api,

adik

4,

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk membantu dalam membersihkan rumah dengan lebih baik, yuk simak tips-tips berikut:

1. Membersihkan kamar mandi

2. Mencuci pakaian

3.  Membersihkan dapur

4. Membersihkan kamar tidur

5. Membersihkan sofa

6. Membersihkan perabot dan barang elektronik di rumah

7. Membersihkan lantai rumah secara menyeluruh

8. Membersihkan lemari

9. Memberantas hama di rumah

10. Mencegah jentik nyamuk


Komentar