JENUH

 


Jenuh aku mendengar … Manisnya kata cinta … Lebih baik sendiri

Bukannya sekali … Sering ku mencoba … Namun ku gagal lagi

Hanya iman di dada … Yang membuatku mampu … S'lalu tabah menjalani

 

Jenuh kata yang sering keluar saat seorang individu lagi tidak ada mood melakukan apapun  atau terjebak dalam rutinitas yang akhirnya tidak memiliki gairah untuk berbuat sesuatu. Menurut KBBI jenuh/je·nuh/ a 1 jemu; bosan: mereka sudah -- dengan pekerjaan yang selalu sama sepanjang tahun; 2 Bio padat udara (tentang senyawa yang terdiri atas karbon dan hidrogen): hidrokarbon --; 3 kenyang; puas sekali (sehingga menjadi bosan): saya sudah -- dengan makanan seperti ini; 4 penuh (sehingga tidak mampu memuat tambahan lagi): cairan itu sudah -- sehingga gula tambahan tidak dapat lagi melarut;

Mengapa jenuh bisa menghinggapi diri seseorang? Ada 2 faktor yang mempengaruhi munculnya jenuh didalam suatu kehidupan yaitu faktor dari dalam diri dan faktor dari luar.  Faktor dari diri menyangkut kepribadian seseorang. Kepribadian adalah kualitas sikap, kebiasaan, karakter dan perilaku individu. Karakteristik kepribadian yang rentan mengalami kejenuhan adalah individu yang idealis, perfeksionis dan ekstrovet. Nmaun ada fakta lain yang menimbulkan kejenuhan adalah kurangnya rasa percaya diri dan pasrah menerima apapun seolah-olah mengibaratkan diri seperti air mengalir atau mengikuti saja kemana air maengalir. Kalau dilogika air mengalir selalu menuju ke dataran yang lebih rendah atau ke bawah, jarang ditemukan air mengalir ke atas kan!. Faktor dari luar berhubungan dengan lingkungan social disekitar seorang individu. Hubungan yang kurang baik dengan keluarga, teman dan tetangga memunculkan kejenuhan bagi seorang individu itu sendiri. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan nilai pribadi, perbedaan pendekatan dalam melihat suatu permasalahan dan mengutamakan kepentingan pribadi dalam menjalani hidupnya.

Bagaimana untuk mengatasi kejenuhan itu? Kejenuhan itu ada pada diri seseorang dan bersifat wajar. Jadi yang perlu dilakuakn adalah mengatasi saat kejenuhan itu muncul. Karena jenuh itu bisa datang tak dijemput dan pulang tak diantar (loh kok) artinya jenuh datang secara tiba-tiba tetapi ada sebabnya dan pergi tiba-tiba juga ada sebabnya. Untuk itu perlu dibuat rangkuman khusus tips mengatasi kejenuhan dalam hidup. Namun penyebab dari munculnya kejenuhan atau masalahnya harus juga diselesaikan. Karena meskipun mengikuti tips dari orang terkenanl kalau kita tidak mengetahui penyebabnya maka hal tersebut akan sulit diatasi.

Seperti dalam lirik lagu “Bintang kehidupan” yang dipopulerkan oleh Almh. Nike Ardilla.  Hanya iman didada yang membuatku bertahan. Berikut tips-tips mengatasi kejenuhan secara sebagai berikut:

1.     Menguatkan Iman

Saat jenuh datang tetaplah bertahan dengan ibadah yang kita lakukan ya … missal biasanya melaksanakan sholat wajib saja ditambah sholat sunah, atau yang pergi ke gereja hanya 1 minggu sekali menajdi 2 kali dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan agama dan kepercayaan maisng-masing bagaimana cara menebalkan dan menguatkan iman. Intinya dalam hidup tetap selalu ingat Tuhannya.

2.    Mengingat kembali goal yang dibuat

Jika sedang balapan mobil atau montor istilahnya kita keluar jalur, untuk itu perlu kemudi untuk dikembalikan ke jalur ynag normal. Begitupun hidup kembalilah ke goal yang disusun. Misalkan tujuan tahun ini mengikuti 2 kali pelatihan ternyata ada tawaran pelatihan yang menarik ada 6  dan semua jadwal berdekatan sehingga tidak ada istirahat. Dalam kondisi tersebut kembalilah memilih 2 dari diklat yang ada.

3.    Berhentilah melakukan semua kegiatan

Saat merasakan kegiatan yang dilakukan mulai mengalami kejenuhan maka berhentilah jangan diteruskan karena bisa berakibat fatal dan tidak maksimal. Jadi dengan memberi istirahat atau rehat dalam kegiatan kita memungkinkan untuk bisa berfikir dan bersemangat lagi.

4.    Masuk zona aman

Setelah memutuskan tidak melakukan apa-apa lalu bergeraklah dalam zona aman. Dengan begitu lakukan saja yang kamu sukai. Misalkan menyanyi, menggambar, menulis, nonton drakor, berkebun, menjahit dan lain sebagainya. Istilah bekennya “me time”. Lakukanlah yang sukai dan menyenangkan.

5.    Bergabunglah bersama orang yang positif dan membagun anda, agar lebih semangat menjalani aktifitas.

Nah ini, keluarlah dari tempat dulu yang membuat jenuh itu muncul. Pergilah pada orang-orang yang berpositif thingking terhadap segala hal. Tidak perlu jauh-jauh cukup teman dekat saja. Kalau tidak punya teman dekat cari teman yang pernah memberikan pencerahan atau mengispirasi. Dengan begitu akan muncul semangat baru dalam diri kita

6.    Mencoba hal yang baru dengan pekerjaan yang tetap

Ini ynag sering menjadi titik jenuh atau penyebab munculnya kejenuhan yaitu rutinitas yang sudah bisa dibaca dan ditebak. Untuk itu lakukan modifikasi dalam pekerjaan sehingga kejenuhan bisa berkurang. Misalkan sebagai seorang guru mengajar tema gerak lokomotor dengan cara penayangan PPT dan memberi kuis, kalau kegiatannya hanya seperti itu akan memunculkan kejenuhan bagi siswa maupun guru tersebut. Sebaiknya guru tersebut menambah dengan praktik langsung dan membahas kuis setelah siswa praktik, sehingga siswa tidak hanya melihat secara visual tetapi secara kinestetik juga.

            Apapun tips kejenuhan dibuat kalau penyebabnya tidak dicari dan dicarikan solusi akan menambah permasalahan dikemudian hari. Untuk itu dengan bantuan tips kejenuhan sekalian memecahkan permasalah atau penyebab munculnya kejenuhan dengan salah satu cara mengurangi penyebab yang sudah diketahui. Semoga tips in ibis amembantu siapaun dimanapun ynag sedang mengalami kejenuhan dan perlu inspirasi. Kalau tidak puas cari saya !!!!!!

Komentar