MY QUOTES PENGUBAH HIDUPKU

Ada tantangan mengulas tentang film atau drama yang selalu ingin ditonton. Kebetulan ada 2 film yg menancap dalam hatiku dan memberi motivasi positif terhadap hidupku bahkan kujadikan motto hidupku. Ada 2 yang akan saya ulas antara lain:

1. Kungfu Panda

2. Meet The Robinson

Film kartun namun banyak kata-kata bijak yang bisa dijadikan penyemangat dalam hidup.

 

KUNGFU PANDA

Sinopsis cerita:

Kung Fu Panda merupakan sebuah film animasi yang diperuntukkan bagi semua kalangan. Film animasi yang diproduksi oleh Dreamworks Animation ini, digarap oleh dua sutradara, John Stevenson (Shrek) dan Mark Osborne. Film ini mengisahkan tentang Po, seekor panda sebagai anak seorang pengusaha Mie turun temurun yang cukup laris. Meski demikian, Po memiliki cita-cita sendiri yakni menjadi seorang pendekar kungfu.

 

Po [disuarakan Jake Black] si panda, anak penjual mie yang selalu bermimpi menjadi jago Kung fu. Ketika mimpinya menjadi kenyataan, aksi si Po sungguh menggoda. Ia jagoan kung fu yang mampu mengundang tawa. Sayangnya, ia takut mewujudkan mimpinya, lantaran tak ingin mengecewakan ayahnya. Sang ayah sangat berharap Po mewarisi usaha mie keluarga. Bermimpi hal yang sama setiap hari, membuat keinginan Po untuk menjadi pendekar kung fu tak terbendung.

 

Suatu saat, sebuah perguruan kung fu ternama mencari pendekar naga. Ia pun pergi ke tempat audisi, hingga sebuah keberuntungan membawanya menjadi murid perguruan tersebut dan dianggap sebagai si pendekar naga. Di perguruan itu, Po bertemu jagoan kung fu yang sejak lama diidolakannya, Furious Five. Lima jago kung fu itu : Tigress [disuarakan Angelina Jolie], Monkey [disuarakan Jackie Chan], Mantis [disuarakan Seth Rogen], Viper [disuarakan Lucy Liu] dan Crane [disuarakan David Cross].

 

Sayangnya, awal pertemuannya dengan Furious Five tak meninggalkan kesan baik bagi Po. Lantaran kelima jagoan itu, melecehkan Po yang sengaja dipilih Master Oogway [disuarakan Randall Duk Kim]. Po memang dianggap tak layak menjadi pendekar naga dan mengalahkan Tai Lung [disuarakan Ian McShane]. Siapakah Tai Lung? Pendekar sakti itu, sebenarnya juga, murid perguruan kung fu yang dipimpin Master Oogway.

 

Ia adalah mantan murid Master Shifu [disuarakan Dustin Hoffman]. Namun, akibat keserakahannya itulah, yang mengantarkan Tai Lung mendekam di penjara. Master Oogway mendapat firasat, kalau Tai Lung akan melarikan diri. Firasatnya itu, ternyata benar. Ia bisa kabur dari penjara walau telah dijaga ribuan tentara. Sementara Tai Lung berhasil kabur dan ingin membalas dendam, Po masih terpuruk pada rasa tidak percaya dirinya sebagai pendekar.

 

Tubuhnya yang gendut dianggap sebagai kelemahan terbesarnya untuk belajar kung fu. Bahkan, gurunya pun Master Shifu meragukannya. Belakangan, setelah Master Oogway mangkat, Master Shifu pun mulai percaya, jika Po bisa menjadi pendekar naga. Ia melatih Po dengan trik khusus yang memang berbeda, tatkala ia masih melatih Furious Five. Mampukah Po mengalahkan Tai Lung? Yang sudah nonton pasti tahu. Menanglah …

 

Quotes dalam film ini: https://veromons.blogspot.com/2011/11/kata-kata-bijak-dalam-film-kungfu-panda.html

1. "There is no secret ingredients, The secret is in you"

(jawaban sang ayah ketika Po bertanya kepada ayahnya, apa rahasia yg membuat setiap orang menyukai mie buatan ayahnya, sang ayah menjawab: tidak ada resep rahasia, semuanya ada pada dirimu sendiri)

Tidak ada kriteria tertentu untuk menjadi hebat, tidak perlu banyak persyaratan untuk menjadi lebih baik, tidak ada rahasia apapun yang membuat seseorang menjadi besar, berdoa dan lakukan usaha yang terbaik, maka siapapun bisa menjadi apa yang mereka banggakan!!

 

2. "Yesterday is History, tomorrow is a mystery, but today is a gift, that is why it’s called a present"

(Kata-kata Bijak master oogway kepada Po, ketika Po merasa dirinya tak berguna)

Kemarin adalah sejarah, besok adalah misteri, hari ini adalah anugerah, pengalaman yang telah lalu biarlah berlalu, jadikan pelajaran untuk bisa berbuat lebih baik dan jangan cemaskan hari esok, tak usah berharap untuk berlari mengejar hari esok yang penuh misteri, lakukan yang terbaik hari ini karena hari/saat ini merupakan anugerah.

 

3. "The Real Warrior never quit”

(canda Master Syifu kepada Po, disela-sela mengajari Po kungfu)

Pejuang sejati tidak mengenal kata menyerah, jika ingin berhasil dalam hal apapun, kita harus punya mental kuat dan sikap pantang menyerah.

 

 4. "You Have to believe, Just believe"

(kata kata Master Oogway untuk meyakinkan Master Shifu bahwa dibalik kelemahan PO terdapat kekuatan hebat)

Jika tidak percaya, maka hal apapun tidak akan terjadi, percaya terlebih dahulu dan teguhkan niat sebelum membuat semuanya terjadi.

 

5. "The secret to be special is you have to believe you're special"

(Po hampir putus asa karena tidak mampu memecahkan rahasia Kitab Naga, yang hanya berupa lembaran kosong)

Wejangan dari ayahnya-lah yang akhirnya membuatnya kembali bersemangat dan memandang positif dirinya sendiri. Kalau kita berpikir diri kita adalah spesial, unik, berharga kita pun akan punya daya dorong untuk melakukan hal-hal yang spesial. Kita akan menjadi orang bisa, kalau kita berpikir kita hanya orang bisa saja. Seperti kata Master Oogway, You just need to believe!

6. "Hidup memang penuh kepahitan, tapi jangan biarkan kepahitan tinggal dalam hatimu"

Setelah dikhianati oleh Tai Lung, Shi Fu tidak pernah lagi menunjukkan kebanggaan dan kasih sayang pada murid-muridnya. Sisi terburuk dari kepahitan adalah kita tidak bisa merasakan kasih sayang dan tidak bisa berbagi kasih sayang.

 

7. "Keluarga sangatlah penting"

Di saat merasa terpuruk, Po disambut hangat oleh sang ayah. Berkat ayahnya pula Po dapat memecahkan rahasia Kitab Naga dan menjadi Pendekar nomor satu. Sudahkah kita memberi dukungan pada anggota keluarga kita?

 


MEET THE ROBINSONS

Sinopsis cerita:

Film kartun keluaran Walt Disney ini mengusung tentang perjuangan seorang anak yatim piatu yang bernama Lewis. Film ini dirilis sejak tahun 2007. Dengan quotes “Keep Moving Forward (Maju terus pantang Mundur)” Tapi film ini menceritakan teknologi yang sudah canggih sehingga bisa mengulik masa lalu dna memperbaikinya.

Suatu ketika Lewis didatangi "calon keluarga" yang ingin mengadopsinya. Tentu dia ingin menunjukkan kemampuan yang dimilikinya dengan memamerkan temuan barunya, alat panggang roti yang bisa langsung mengolesi selai. Sialnya alat itu gagal membuat calon keluarganya terkesan. Alih-alih terkesan, yang ada malah ruangan jadi berantakan. Lewis meradang. Dia kembali gagal menemukan keluarga untuknya.

 

Saat Pekan Ilmiah, Lewis ingin menunjukkan hasil temuannya namun digagalkan oleh Goob dan dari situ dia bertemu dengan bocah yang bernama Wilbur. Wilbur membawa lewis kemasa depan namun alatnya tiba-tiba rusak. Wilbur menyembunyikan Lewis didalam garasi rumah untuk memperbaiki alatnya tersebut dengan janji akan mengajak ke masa lalu untuk bertemu dnegan ibunya. Dia akhirnya mau memperbaiki pesawat lintas ruang dan waktu itu. Sayangnya dia gagal. Kemudian lewis bertemu dengan anggota keluarga Wilbur yang aneh namun hangat dan menyambutnya.Saat alat pemanggang keluarga Wilbur rusak, Lewis mencoba memperbaiki namun gagal. Kocaknya keluarga tersebut justru merayakan keberhasilan Lewis yang tertunda. Bahkan, ibunya Lewis mengingatkannya akan pesan suaminya, "Kau hebat, Nak! Suamiku selalu mengatakan, teruslah maju! Jangan sedih dengan kegagalan yang kau alami."

 

Akhir cerita, Lewis kecil bertemu dengan Lewis dewasa, Tuan Cornelius. Cornelius menunjukkan sebuah ruangan menakjubkan yang berisi berbagai eksperimennya. "Kau tahu mana bagian yang paling kubanggakan dari semua hal di sini?"Dia menunjuk alat yang dipamerkannya pada pekan karya ilmiah waktu di sekolah. "Itulah yang mengawali semua hal hebat di sini, Lewis. Tapi bagaimana jadinya masa depan itu, tergantung pada dirimu yang sekarang. Masa depan mungkin saja berubah, tapi teruslah bergerak maju untuk meraih apa yang kamu inginkan, sekarang pergilah ke tempat kau seharusnya berada." ucap Cornelius pada Lewis. Lewis mengangguk mantap.

 

Wilbur menepati janjinya untuk mengantar Lewis pergi melihat ibunya di masa lalu. Dari belakang Lewis mengamati sosok ibunya yang berjubah dengan tatapan rindu. Saat mendekatinya dan akan memanggilnya, langkah Lewis terhenti di anak tangga. Lewis kecil mengetuk pintu lantas bersembunyi di balik tangga. Ibu panti keluar dari balik pintu dan menemukan seorang bayi yang tengah tertidur dengan tenang dan menyunggingkan senyumnya yang polos.

 

Kembali masa saat ini: Lewis bergegas ke Pekan Ilmiahnya. Di perjalanan ia menyempatkan mampir ke lapangan tempat Goob sedang bertanding bisbol. Lewis berseru untuk membangunkan Goob yang tertidur, Goob terbangun dan berhasil menangkap bola di inning terakhir yang membawa kemenangan bagi timnya. Hal itu mngantarkan Goob pada wawancara adopsi yang membuat dirinya mendapatkan sebuah keluarga dan mengubah hidupnya.

Lewis kembali ke auditorium Pekan Ilmiah dan bertemu dengan pak guru serta para juri yang belum meninggalkan ruangan yang kacau balau tersebut, Pak guru dan murid-murid lainnya bersiap di balik tameng meja dan melindungi kepalanya, Lewis menunjukkan alat tersebut pada salah satu juri wanita yang adalah ilmuwan terkenal. Lewis meminta sang ilmuwan mencoba alatnya dan menyebutkan kenangan apa yang ingin ia ingat. dan alat tersebut akhirnya berhasil!

 

Lewis dinobatkan sebagai pemenang dari Pekan Ilmiah tersebut. Seorang gadis cilik mendekatinya dan berkata, "apa kau percaya? katak-katak memiliki kemampuan musikalisasi yang lebih hebat dari musisi manapun di dunia ini. Mereka tidak mempercayainya. Apa kau juga menganggapku gila??" tanya si gadis tersebut dengan mata yang tajam. Seperti mengerti akan suatu hal, dengan menatap Lewis menjawab, "Ya, aku percaya"  (Gadis itu yang menjadi istrinya Lewis di masa depan, yang juga adalah ibunya Wilbur). Akhirnya lewis mendapatkan tempat untuk bereksperimen. Dia pun mulai mengerjakan, menulis, mencoret, dan melakukan berbagai hal di ruangan itu. Dari satu meja, menjadi tiga meja. Dari satu alat menjadi banyak alat, sampai ruangan itu seperti masa depannya.

Dan akhirnya berdirilah perusahaan Robinsons, dengan motonya "Teruslah Bergerak Maju (keep moving forward)"

 

Qoutes untuk meet The Robinsons:

"Around here, however, we don’t look backwards for very long. We keep moving forward, opening up new doors and doing new things… and curiosity keeps leading us down new paths.”  (Walt Disney)

 ...

"Dan di sini, bagaimanapun, kita tidak terpaku ke masa lalu terlalu lama. Kita terus bergerak maju, membuka lebih banyak pintu baru dan melakukan hal-hal yang baru.. dan rasa keingintahuan itulah yang membuat kita tetap berada di jalan ini" (Walt Disney)

 

Semua kata-kata bijak ini yang paling selalu kupakai untuk motto adalah "Yesterday is History, tomorrow is a mystery, but today is a gift, that is why it’s called a present" seolah kita melihat masa lalu jangan lama-lama lalu bangkitlah dengan “Keep moving forward”


 

#YuksNgeblogLagi

#NgeblogbersamaKEB

 




Komentar

  1. Aku juga nonton Kungfu Panda. Memang di film kartun ini ada beberapa pelajaran yang bisa dipetik ya. Gak hanya tentang persahabatan tapi juga quotes-nya bisa dijadikan penyemangat untuk kita

    BalasHapus
  2. Kungfu Panda, ingat sekali film ini. Quote memang bisa membuat kita mengevaluasi dan melakukan perbaikan diri, bukan sekadar permainan kata-kata.

    BalasHapus
  3. Bener banget , sebisa mungkin kita hidup untuk masa kini dan masa depan. Masa lalu anggap sebagai kaca spion ya kak, agar tidak mengulangi kesalahan yg sama

    BalasHapus
  4. Kita bisa mengambil pelajaran dari mana pun. Salah satunya dari menonton film kartun. Di balik tontonan seru bagi anak, di dalamnya pun banyak kata-kata bijak. Seperti Kungfu Panda ini, banyak sekali quote-quote-nya.

    BalasHapus
  5. Film Kungfu Panda yang pertama benar benar epic, apalagi pas kata kata dari master Oogway soal misteri.. Keren bat sumpah itu

    BalasHapus
  6. wah suka banget dengan quotenya kungfu panda..jadi penasaran nonton, selama ini nggak pernah tertarik :D

    BalasHapus

Posting Komentar