BERFIKIR POSITIF

Dunia kita ini sebenarnya netral, tidak hitam maupun putih. Yang membuatnya menjadi merah, kuning, biru adalah cara pandang orang terhadap dunia. Ada yang menganggap dunia ini sengsara, menyenangkan, riang itu semua tergantung pada persepsi setiap orang yang memandangnya.

keajaiban berpikir positif ialah saat anda mengatakan bisa, maka anda akan bisa. Berpikir positif diawali dengan sebuah keyakinan pada diri sendiri. Keyakinan bahwa dirinya mampu. Keyakinan yang mengatakan bahwa diri kita “bisa”.

 Berfikir positif memiliki dampak pada pembentukan  kepribadian yang positif. Dengan membiasakan diri untuk berfikir positif maka lambat laun akan menjadi bagian dalam diri kita sehingga kepribadian kita terbentuk menjadi positif.

Kalau kita berpikir positif tentang suatu keadaan atau seseorang, seringkali hasilnya betul-betul menjadi positif.

Misalnya :

·         Jika kita bersikap ramah terhadap seseorang, maka orang itupun akan menjadi ramah terhadap kita.

·         Jika kita yakin bahwa upaya kita akan berhasil, besar sekali kemungkinan upaya dapat merupakan separuh keberhasilan.

Warna hidup memang tergantung dari warna kaca mata yang kita pakai.

Kalau kita memakai kaca mata kelabu, segala sesuatu akan tampak kelabu. Hidup menjadi kelabu dan suram. Tetapi kalau kita memakai kaca mata yang terang, segala sesuatu akan tampak cerah. Kaca mata yang berprasangka atau benci akan menjadikan hidup kita penuh rasa curiga dan dendam. Tetapi kaca mata yang damai akan menjadikan hidup kita damai.

Hidup akan menjadi baik kalau kita memandangnya dari segi yang baik. Berpikir baik tentang diri sendiri. Berpikir baik tentang orang lain.

TIPS-TIPS BERFIKIR POSITIF

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengembangkan cara berpikir positif.

1.      Selalu gunakan kata-kata yang positif saat Anda berpikir dan berbicara. Gunakan kata-kata seperti ”Saya Bisa”, ”Saya Dapat”, ”saya mampu”, dll..

2.      Penuhi pikiran Anda dengan segala sesuatu yang positif baik kebahagiaan, kekuatan dan keberhasilan. Dalam situasi apaun cari sisi positif yang bisa Anda ambil. Jangan biarkan pikiran negatif mengacaukannya.

3.      Gantilah pikiran-pikiran negatif dengan pikiran yang membangun. Misal: “Saya tidak bisa mengerjakan” menjadi “ Saya bisa mengerjakan”,  ”saya tidak bisa melakukan hal ini” dengan ”saya bisa melakukan hal ini dengan lebih baik

4.      Bayangkanlah keberhasilan sebelum melakukan sesuatu maka Anda akan terheran dengan hasil yang akan Anda peroleh.

5.      Berfikirlah dengan apa yang bisa kita kerjakan saat ini bukan apa yang akan kita kerjakan besok.

6.      Penuhi pikiran Anda dengan kemmapuan-kemampuan yang Anda miliki dan berilah penghargaan meskipun dengan ucapan terima kasih.

7.      Bergaullah dengan orang-orang yang berpikir positif.

8.      Bacalah buku-buku yang membangkitkan inspirasi -- setidaknya satu halaman setiap harinya.

9.      Biasakan untuk selalu duduk dan berjalan dengan punggung tegak. Kebiasaan seperti itu akan membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kekuatan yang ada dalam diri Anda.

10.  Berjalan, berenang, atau berolahragalah. Hal-hal tersebut akan membantu Anda untuk mengembangkan pikiran dan sikap yang lebih positif.

Putuskan untuk berpikir positif mulai sekarang dan tinggalkan pikiran-pikiran yang negatif. Tidak ada kata terlambat untuk mulai berpikir positif dan Anda akan segera mengalami hal-hal yang lebih baik daripada sebelumnya.

Ada pepatah mengatakan:

masa lalu adalah sejarah, masa depan adalah misteri tetapi hari ini adalah anugrah yang terindah diberikan Alloh SWT. Kepada kita untuk melakukan sesuatu guna menguak misteri masa depan”

Sekarang tinggal kamu pilih, kacamata bagaimana yang kamu gunakan untuk melihat duniamu.


EDISI: SELF REMINDER 

Komentar

Posting Komentar