SECANGKIR KOPI

 

sumber foto: dokumen pribadi


 

“Bue, buatkan kopi ada teman, empat ya”, kata suamiku tiba-tiba padahal aku masih didepan laptopku mengejar deadline.

“Iya, pak,” jawabku lalu ke belakang untuk memasak air dulu sambil mencari dimana kopinya. Aku mencari gelas di rak tetapi tidak ada gelas sama sekali. Pasti ini gelasnya belum dicuci semua. Yach sudah ambil dulu di almari belakang. Gelas dan alasnya aku letakkan di atas nampan. Sambil berfikir kira-kira skala ukuran kopi dna gula bagaimana ya? Aku ambil sendok kecil biasanya orang suka kalau kopinya tidak terlalu manis dan kental. Kuambil sesendok kecil gula dan 2 sendok penuh kopi. Sambil menunggu aku ambil HP untuk menulis apa yang terlintas dikepala takut lupa. Itu untuk bahan materi tulisan yang sedang kususun dilaptopku tadi.

Setelah air mendidih segera kutuangkan ke gelas. Lalu kuaduk sampai benar-benar gerakan sendoknya ringan istilahnya antara gula dan kopi tercampur rata. Lalu kopi kubawa ke depan dan kuhidangkan.

“Monggo, kopinya”, kataku mempersilahkan tamu dari suamiku.

“Biarkan diatas nampan saja Bue, biar mudah, monggo mas kopinya” kata suamiku mempersilahkan tamu yang ternyata teman yang beberapa waktu lalu dikenalnya.

“Kok repot-repot tow bu, wong ini tadi mampir sekalian ingin tahu rumahnya dimana”, kata Pak Sutomo yang ternyata pernah beberapa kali ketemu dengan Bapaknya anak-anak pas mengantar Eyang Putri berobat. Dan ternyata Pak Sutomo memiliki hobi yang sama dengan Bapaknya anak-anak.

“Tidak kok Pak, hanya kopi”,kataku lalu tersenyum dan masuk kembali ke dalam lanjut menyusun materi ide yang sudah ada dikepala.

Adzan Magrib berkumandang, anak-anak segera ku giring untuk sholat. Memang semenjak masa belajar di rumah, kami bisa lebih sering bersama dalam menjalankan ibadah. Selesai beribadah kudengar suara didepan. Loh kok belum pulang ya tamunya? Tiba-tiba

“Bue, siapkan tempat sholat, Pak Sutomo mau sholat disini saja, urusannya belum selesai”, kata suamiku

“Memangnya Pak Sutomo ada perlu apa? Mau beli ayam?”, tanyaku.

“Tidak, Pak sutomo mau beli montor grand yang sudah buntut itu loh.”

“Loh, apa tidak rusak tow Pak, buat apa kok dibeli?”

“Katanya mau dimodif, ach sudahlah Bue, urusan mereka, itu sajadahnya ambilkan yang baru!”, kata suamiku. Akupun hanya mangut-mangut dan menyiapkan tempat sholat dan handuk bersih untuk wudhlu tamu.

“Nyuwun sewu Buk, ngrepoti, saya mau ikut sholat disini”, kata Pak Sutomo

“Iya Pak, tidak apa-apa, monggo untuk wudhlu disitu”, kataku sambil menunjuk kran yang memang khusus untuk tamu.

Sambil menghaluskan bumbu nasi goreng ynag diminta si kecil, aku berfikir tamunya disuguhi makan apa ya. Lalu tiba-tiba si kecil datang ke dapur.

“Bue, buat nasgornya dikasih telur dan pedas ya”

“Kok pedas, nanti kakak gak maul oh”, kataku sambil menyentil hidung dia.

“Punya kakak disendirikan saja , lalu terakhir diberi Lombok”, kata si kecil dengan mulut dimoyong-moyongkan.

“Iya… Iya …”

Aku hanya tersenyum melihat tingkat si keci karena dia paling kecil tetapi suka makanan pedas sementara aku dan kakaknya tidak terlalu suka.

“Bue, aku keluar dulu sama pak Sutomo, sekalian makan dan ngopi”, pamit suamiku. Akupun hanya mengut-mangut didepan wajan menggoreng nasi karena suamiku pamit hanya dengan berteriak dari depan.

Selesai menggoreng nasi, kami berempat makan tentunya tanpa bapaknya. Selesai itu aku ke depan eh .. kulihat kopinya habis. Tadi pamit ngopi juga apakah memang bapak-bapak ki suka kopi segitunya ya. Sambil mencuci gelas bekas kopi aku ambil ampas kopinya lalu kuusap-usapkan ke tangan dan kakiku.

“loh Buk, kok kopinya dioles ke kaki dan tangan?”, tanya si kecil yang kebetulan melihat tingkahku.

“Biar tangan dan kaki ibuk menjadi halus”

“aku juga mau, biar tangan dan kakiku halus”, kata si kecil lalu duduk disebelahku.

Selesai mengoles kubiarkan kering dulu sebentar lalu dicuci bersih tangan dan kaki si kecil.

“Harum ya buk”, kata si kecil berbinar-binar sambil mencium tangannya berkali-kali.

 Ternyata kopi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

 1. Mencegah Penyakit Berat

      Kopi ternyata memiliki manfaat dalam mengurangi risiko terkena berbagai penyakit berat, seperti diabetes tipe 2 dan kanker. Selain itu, kopi juga berguna untuk mengurangi risko penyakit yang menyerang otak, seperti alzheimer yang dapat berujung pada penyakit dementia.

 2. Sumber Antioksidan

      Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi penyakit serta menghambat terjadinya kerusakan sel dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada kopi ditengarai lebih tinggi dibandingkan dengan buah dan sayur-sayuran.

 3. Menurunkan Stres

 Kandungan kafein di dalam kopi membantu meredakan sakit yang dialami kepala dan menurunkan tingkat stres. Itulah sebabnya mengapa banyak orang cenderung minum kopi saat akan menghadapi momen penting seperti meeting kantor yang penting. Minum kopi secara teratur juga menyebabkan seseorang menjadi lebih bahagia karena turunnya tingkat stres.

 

Selain bermanfaat tetapi ada juga efek samping atau bahanya. Mungkin seperti rangkuman berikut ini ya.

1.  Gangguan Pencernaan

Biasanya kopi jarang diminum oleh orang yang menderita gangguan pencernaan, karena efek dari kopi yang menambah asam lambung. Untuk itu biasanya ada produksi kopi white yang konon kata sponsor tidak akan berpengaruh pada orang yang menderita sakit Maag. Namun kenyataannya tetap saja ada yang tidak bisa minum kopi. Lepas dari itu sebaiknya kalau ingin minum kopi janganb iarkan perut dalam kondisi kosong agar sakit Maag yang diderita tidak semakin parah

2.  Insomnia

Konon katanya kopi bisa membuat kita betah melek. Makanya kalau sering minum kopi cenderung ada indikasi Insomnia atau penyakit tidak bisa tidur. Usahakan minum kopi khusus kalau bekerja jangan di menjelang tidur.

3.  Risiko Penyakit Jantung

 Meskipun minum kopi secukupnya berguna untuk menurunkan risiko banyak penyakit berat, minum kopi berlebihan justru dapat membuat efek tersebut berbalik menyerang tubuh. Kafein yang dikonsumsi terlalu banyak justru membuat jantung sering berdetak kencang dan tidak teratur, sehingga berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

Serba-serbi secangkir kopi, bisa menambah wawasan bagi penggemar kopi. Apapun kopinya yang penting tidak berlebihan akan mendapatkan manfaatnya. Be carefully ya.

 

#jaga jantungmu

#jaga hatimu

#jaga Kesehatanmu

Komentar

Posting Komentar