ONE DAY ONE POST (ODOP) … APA DAN BAGAIMANA??? BISA MENGUBAH HIDUPKU

 

                                                                                    sumber gambar: komunitas one day one Post  IG

Saat itu disiang hari, aku membaca status teman tentang jualan buku yang baru terbit judulnya “Blind Carbo Copy” lalu ada ODOP Batch 8. Wah ini pelatihan apa??? Lalu Japri mbak Ulfah …  apa saya bisa ikut? Ternyata kata mbak Ulfah boleh … akhirnya saya daftar mengikuti petunjuk dan membuat tulisan AKB Literasi … jreng.. Jreng … Jreng ternyata muncullah group Besar ODOP 8.

Sebelum aku menulis tentang AKB Literasi sedikit kubaca beberapa informasi melalui IG Komunitas ODOP. Apa sich ODOP itu??? Ternyata ODOP singkatan kata dari One Day One Post. Dari situ aku memiliki pemikiran kalau kita akan dipaksa menulis dan mengepost disuatu tempat. Wah, pasti menyenangkan dan mengikuti dulu kegiatan di Group. Awal-awal aku bingung apa yang kutulis, ternyata semua peserta keren-keren dan bagus-bagus tulisannya. Tapi aku gak kalah tekad karena dalam prinsipku “Keep Moving Forward” maju terus pantang mundur. Majulah aku memahami apa dan bagaimana si ODOP ini.

ODOP merupakan singkatan dari One Day One Post  yang artinya setiap hari kita mengirim tulisan. Manfaat yang dirasakan bagi semua orang yang suka menulis akan bisa melatih kita untuk terbiasa menuangkan pikiran dalam tulisan. Dan itu tidak bisa tiba-tiba bagus, perlu latihan setiap hari. Dulu menulis itu cukup di diary, sekarang berubah di Instagram, facebook, Blog bahkan di wattpad. Intinya di ODOP ini kita dilatih dan diberi bekal untuk menuangkan bakat dan minat kita terhadap literasi.

Bagaimana bisa mengikuti kegiatan ODOP??? Yang jelas aku follow IG Komunitas ODOP dan itu yang paling update menurutku. Saat diawal Group saya heran kok gak ada vicon meeting atau semacamnya ternyata semuanya berupa tulisan dan dibalas tulisan. Dan keren, bisa jalan juga acaranya dibuat seperti itu. Apa karena komitemen bersama budayakan membaca dan menulis dalam literasi ya?  Usia apa ada pengaruhnya (maaf karena saya Jelita-Jelang empat puluh lima tahun)??? Ternyata tidak ada batasan usia kata kak Baim. Yach semangat dech,  merasa paling tua dan senior meskipun tentang tulisan masih perlu pembenahan.

Melihat kondisiku seperti itu perlu adanya strategi khusus melawan teman ODOP yang muda lainnya hehehe. Apa saja kiat yang bisa kita lakukan untuk bisa mengikuti kegiatan ODOP sampai seelsai dan lulus (meskipun aku masih menempuh ya)?

Strategi bisa dilihat dari 2 faktor yaitu dari dalam diri sendiri dan dari luar.

Untuk faktor dari dalam adalah sebagai berikut:

  1.  Niat; Niatnya dalam hati “Bismillahirrohmannirrohim” umtuk mengikuti kegiatan dan mematuhi aturan yang dibuat oleh panitia
  2. Read and Do; Baca dan kerjakanlah segera semua tugas tidak ditunda atau dikurangi
  3. Konsisten; Lakukan secara berurutan sesuai instruksi yang perlu dilakukan
  4. Berfikir positif untuk selalu maju kedepan

Untuk faktor yang dari luar sebagai berikut:

  1.      Sarana yang dimiliki yang dalam hal ini Laptop (wajib) yang sehat dan HP yang bisa untuk komunikasi dan WIFI atau kuota yang lancar
  2.      Lingkungan menulis, ini diperlukan lingkungan yang pas waktu menulis agar ide bisa keluar semua (gak usah dipaksa harus ke pantai atau puncak gunung- belum nulis capek iya hehehe) pilih saja jam untuk menulis disesuaikan kegiatan selesai, jangan pas waktunya mengajar malah repot menulis akhirnya siswanya diabaikan.

 Mengapa sich ikut ODOP? Ada harapan apa???

Yach, sesuai dengan tulisan diawal bahwa aku ingin menuangkan bakat dan minat dalam hal literasi jadi harapannya buanyak sekali antara lain:

·    Punya sahabat pena dari berbagai penjuru Dunia
·    Punya buku atas nama sendiri, baik novel, pelajaran, jurnal, artikel yang bisa diterbitkan setiap tahunnya, dan bisa berguna untuk semua orang (duch rak bukuku bisa tambah nich)
·   Bisa berkarya lebih dalam bidang  kesastraan meskipun bukan orang sastra

      ·   Pengen bisa menajdi reviewer buku apapun  (apa ya namanya ???)

Semoga Harapan saya melalui ODOP Batch 8 ini bisa terwujud dan jangan menyerah majulah ke depan selalu (Keep Moving Forward)

“Yesterday is history, tomorrow is a miracles but to day is agift for you” 

“Don't Think, Feel” still 17


#One day One Post

#ODOP

#ODOP Challenge 1

Komentar

  1. Waaaaa semangak Kak! Faktor dalam diri dan luar diri, setuju banget. "HP/laptop harus sehat hihi"

    Sama suka di bagian akhir, quotes dari Kunfu Panda eps. 1.

    BalasHapus
  2. Usia boleh tua, tapi semangat tetap juara!

    BalasHapus
  3. Salam kenal kak atau bunda nih.😀

    BalasHapus
  4. Wah keren quotes di ujungnya kak. Tipsnya keren nih, bisa di coba 😊

    BalasHapus

Posting Komentar