SAMBEL TUMPANG MAKANAN KHAS KEDIRI JAWA TIMUR


                                                        sumber gambar: foto pribadi selesai buat sambel tumpang

Sambal Tumpang adalah masakan khas dari kota Kediri. Masakan ini terbuat dari bahan tempe yang sudah di fermentasi (baca:tempe busuk atau bosok) dan hanya dari daerah tertentu yang dapat menghasilkan tempe yang dapat basi sesuai dengan yang di inginkan, ditambah dengan beberapa bumbu pendukung lainnya seperti bawang merah, bawang putih, cabe dan sebagainya

Cara penyajiannya hampir sama dengan yang ada pada sambal pecel. Dalam satu piring terdapat sayuran, tauge dan disiram dengan Sambal Tumpang. Biasanya makanan ini dipadukan dengan rempeyek kacang, tahu goreng atau tempe. Tetapi anda bisa juga menambahkan ayam goreng, telur goreng, ikan lele atau sesuai dengan selera anda.

Di daerah kediri, Selain dikonsumsi sebagai sarapan pagi, Sambal Tumpang juga dijual diwarung-warung dengan seporsi Sambal Tumpang dengan lauk standart (rempeyek, tahu atau tempe) plus teh manis hangat bisa didapat dengan merogoh kocek 7 ribu saja. Di Kediri penjual Sambal Tumpang ada dimana-mana, salah satunya adalah di jalan Doho, Malioboronya kota Kediri.

Pada malam hari toko-toko yang berjejer disepanjang jalan Doho mulai banyak pendagang Sambal Tumpang yang menyajikan makanannya.

Selain menjadi kuliner khas kota Kediri, Sambal Tumpang juga merupakan sumber penghasilan yang lumayan bagi para pedagangnya. Karena tak jarang para wisatawan dari kota lain atau dari mancanegara yang mampir ke tempat ini hanya untuk mencicipi masakan khas kota Kediri ini.

Andaikata masakan Sambal Tumpang bisa bertahan lama, bisa saja masakan ini di ekspor ke luar negeri agar lebih dikenal luas di dunia.  Selain rasanya yang nikmat juga harganya relatif murah. Bagaimana dengan anda? Dijamin pasti ketagihan...

Andaikata masakan Sambal Tumpang bisa bertahan lama, bisa saja masakan ini di ekspor ke luar negeri agar lebih dikenal luas di dunia.  Selain rasanya yang nikmat juga harganya relatif murah. Bagaimana dengan anda? Dijamin pasti ketagihan...

BAHAN-BAHAN PEMBUATAN SAMBEL TUMPANG

·         150 gr tempe yang beli kemarin dimasukkan panci dan ditutup semalam

·         200 ml santan(1gelas air+1sachet santan kara yg harganya 3rb)

·         3 siung bawang putih

·         3 butir bawang merah

·         2 cm kencur

·         4 lbr daun jeruk

·         2 lbr daun salam

·         1 cm lengkuas dan belah menjadi 2

·         15 bh cabe rawit(pedas sedang)

·         1/2 sdm garam halus

·         1 sdt penyedap jika suka

·         ¼ cecek atau daging atau tetelan

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN SAMBEL TUMPANG

  1. Rebus Tempe, daun salam, laos, daun jeruk nipis, kencur, kunci, bumbu (lombok besar, brambang, bawang , miri, tumbar, lombok kecil) dan tetelan/cecek/daging diiris kotak kotak kecil.
  2. Setelah mendidih dan layu bumbunya, angkat bumbu tersebut dan haluskan.
  3. Ambil tempenya terus dihaluskan. Cara menghaluskan tempe sesuai selera, karena suami saya suka tempe yang lembut maka diblender saja dengan dibantu santan cair.
  4. Setelah itu masukkan kembali bumbu dan tempe yang sudah dihaluskan ke dalam panci
  5. Tinggal memasukkan santan kental, gula, garam, penyedap

LANGKAH PENYAJIAN SAMBEL TUMPANG

  1. Letakkan sambel tumpang didalam mangkok ( jangan lupa daging/ceceknya juga
  2. Goreng tahu, tempe, dan telur dadar
  3. Sayuran berupa kecambah, kembang turi, tewel, kates serut (biasanya dibumbui kelapa seperti urap-urap tergantung selera)
  4. Kerupuk pati, kerupuk bawang, rempeyek

  


link youtube ya ... https://www.youtube.com/watch?v=goVUC1NwS1o&t=29s 




Komentar

  1. Iya ... sambel tumpang Kediri itu ngangeni buat yg di luar kota, apalagi di luar pulau.
    Adakah yg punya ide bikin sambel tumpang instant?
    ☺️

    BalasHapus

Posting Komentar