REVIEW BUKU-WRITE TO SPECTACULAR TEACHER Antologi Instruktur Guru BK Jatim dan Widyaswara

 

sumber foto: dokumen pribadi


Identitas Buku


Penulis

:

1.      Dra. Rukmi Ambarwati, M. Psi

2.      Drs. Toto Basuki, M.Pd

3.      Hari Utami dewi, S.Pd

4.      Drs. Anis Efendy, M.Pd

5.      Sri Hidayati, S.Psi, S.Pd

6.      Matlas Fudyatuk Minna, S.Pd, M.Pd

7.      Qurrotul a’yun, S.Psi, M.Psi

8.      Devi Asmindra Milasanty, S.Pd

9.      Ahmad Zaky, S.Pd

Editor

:

Dra. Rukmi Ambarwati, M. Psi

Penerbit

:

Nizamia Learning center

Jumlah Halaman

:

Viii + 133 hlm.;14 cm x 12 cm

Tanggal terbit

:

September 2019

Edisi

:

Pertama

Nomor ISBN

:

978-623-7169-74-6

 

Profil Penulis: 

Buku ini diterbitkan dikarenakan adanya ide untuk membuat kenangan setelah kegiatan Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013 Bidang BK tingkat SMA se-JawaTimur. Merujuk dari hal itu terinspirasi untuk membuat buku Antologi tersebut. Adapun penulis yang terdaftar ada 9 orang yang terdiri dari Widyaswara LPMP dan Para Instruktur K13 Bidang BK yang berminat. Untuk Profil Para penulis akan dibahas secara sederhana.

  1. Dra. Rukmi Ambarwati, M.Psi, Beliau adalah guru Bk SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo, aktif dalam kegiatan penelitian dan keilmuwan, sebagai guru pendamping anak berkebutuhan khusus (ABK), selain sebagai instruktur tingkat kota beliau juga menerbitkan karya buku berupa antologi dengan judul Mutiaraku, Karya Tanpa Jeda, Tinta Emas sang Guru, Inklusi Duniaku, ditengah kesibukan diprofesinya beliau juga pengurus gerakan literasi budaya di kabupaten Sidoarjo.
  2. Drs. Toto Basuki, M.Pd, beliau adalah widyaswara LPMP Jawa Timur dalam bidang BK, selain aktif sebagai widyaswara beliau suka sekali fotografi, dan hasilnya selalu dilengkapi dengan bait-bait puisi biasanya diunggah di Facebook
  3. Hari Utami dewi, S.Pd, Beliau adalah guru BK di SMA Negeri 1 Sumenep Madura, selain aktif sebagai guru Bk beliau ditunjuk untuk menjadi Instruktur Propinsi dalam kurikulum 2013, hobby sekali menulis dan mengisi artikel atau cerpen di majalah Anida, Jawa Pos, dan mengeluarkan karya buku dengan judul Guru kaya Hati, tergabung dalam antologi cerpen guru Bk dengan judul “Mengapai asa di Montana dan tahun 2019 menjadi Juara 1 guru berprestasi tingkat kabupaten Sumenep.
  4. Drs. Anis Efendy, M.Pd, Beliau adalah guru BK di SMA Negeri 4 Blitar, Ayah dari ketiga anaknya ini suka sekali membuat inovasi dalam memberikan layanan BK, bahkan memiliki web sendiri sehingga siswanya bisa mengikuti materi BK kapanpun dimanapun.
  5. Sri Hidayati, S.Psi, S.Pd, Beliau mengajar di Sumenep sebagai guru BK dan selalu aktif dalam kegiatan MGBK ataupun PGRI
  6. Matlas Fudyatuk Minna, S.Pd, M.Pd,  Beliau adalah guru Bk SMA Negeri 1 Gurah Kab. Kediri, sebagai ketua MGBK beliau aktif dalam berbagai kegiatan, pernah menulis untuk modul kegiatan Budi Pekerti SMA, dan tahun 2018 menulikan buku ‘Pikiranmu kesuksesanmu”
  7. Qurrotul a’yun, S.Psi, M.Psi, beliau mengajar di SMA Negeri 1 bangil Pasuruan, selain sebagai guru bK beliau juga sebagai Dosen di UMSIDA Pasuruan
  8. Devi Asmindra Milasanty, S.Pd, Beliau guru BK di SMA Negeri 3 Kediri, selain sebagai Instruktur Nasional PKB dan Instruktur K-13 tingkat Kota  beliau juga suka menulis di majalah khsuus SMA Negeri 3 yang namanya “ASPEK “ tulisannya hanya berupa artikel kecil atau tip-tip dalam menjalani kehidupan. Thaun 2018 mengikuti pelatihan karya tulis fiksi dan bersama peserta yang lain mengeluarkan buku yang bertajuk “Menggapai Asa di Montana.
  9. Ahmad Zaky, S.Pd, Beliau guru BK SMA Negeri Tamanan Bondowoso, selain aktif sebagai guru beliau juga merupakan ketua yayasan KH Sirajudin yang mengelola RA  dan MTsn Nurul Falah.

Sinopsis:

Guru Bimbingan dna konseling sebagai garda terdepan dalam pendidikan karakter dan karir siswa. Dalam hal ini tentunya guru BK dituntut untuk selalu up to date dalam segala hal. Setiap saat harus selalu mengasah diri. Bagaiman caranya? Tentunya tetap membudayakan literasi, dengan literasi maka akan terbuka jendela informasi yang bergerak menuju cepatnya perkembangan jaman. Dan buku ini mampu menjawab semua tantangan untuk guru Bk selalu  berkarya dan berliterasi.

Buku Write to spectacular teacher ini merupakan karya antologi dari guru BK dan Widyaswara BK yng diangkat dari berbagai pengalaman mereka dalam menangani siswa di sekolah. Nah ini bisa dijadikan inspirasi bagi semua Guru BK.

Mengapa guru BK perlu memiliki buku ini?

sumber: dokumen pribadi

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa buku ini bisa menjadikan inspirasi guru Bk yang lain dalam membantu siswa mengatasi masalah yang dihadapi. Daftar isi dari buku ini sangat menarik loh. Ada 15 bagian yang setiap bagiannya sangat menarik untuk di baca.

Bagian 1, Menjadi guru BK yang dirindukan

Bagian 2, Ayo menjadi guru Profesional

Bagian 3, menulis atau tidak sama sekali

Bgian 4, Literasi Multidimensi dalam BK

Bagian 5, Peranan Guru Bk dalam meraih mimpi ABK

Bagian 6, Imposible menjadi kenyataan

Bagian 7, Terima kasih anakku engkau membuka mataku

Bagian 8, Bernda facebook dan 3 M plus

Bagian 9, meraih Guru BK Ideal

Bagian 10, kesurupan

Bagian 11, Impian Guru BK

Bagian 12, Semua menjadi Indah dengan berfikir positif

Bagian 13, Seminar oh seminar

Bagian 14, The Creative Thingking

Bagian 15, Tak kenal maka tak rajin


Nah itu semua adalah profil dari buku “Write to Spectacular Theacher”, terutama untuk guru Bk dimanapun berada ayo perdayakan diri kita untuk menjadi bermanfaat bagi siswa maupun bagi kita sendiri. Semoga dengan membaca buku tersebut, ada tambahan wawasan tentang bagaimana membnatu siswa dalam mengatasi permasalahan yang dihadapinya.Yuk beli buku tersebut ya ...😊😊


#budayakan membaca

#budayakan literasi

Komentar

  1. Saya bukan guru.. Tapi reviewnya membantu, mungkin bisa saya direkomendasiin ke temen..

    BalasHapus

Posting Komentar