TIKUS-LUCU APA TAKUT?

 

sumber foto: rentokil.co.id

“Ach …. Kakak … jilbabku …..,” terial Amel kepada kakanya saat liat jilbab yang disukainya berlubang dimakan tikus.

“Aduh kemana lauk ini kok hilang,” kata ibu sambil emmbersihkan meja makan.

“Bau apa ini kok busuk?,” batin Bapak sambil mencari asal bau itu. Ternyata dibalik lemari makan ada tikus mati. Hadech …

“ Pak, beli racun tikus  … ibuk capek mbersihi kotorannya … belumlagi jilbab ibu dan anak anak ynaga da dilemari jadi banyak ynag lubang, padahal lemari juga sudah ditutup rapat, eh tikus ternyata lewat bawah rak,” Omel ibu sambil bersungut-sungut marah dengan tikus.

“Bapak juga bingung … racunnya kemarin sudah ganti 3 model yang biji, yang serbuk, yang cair malah gak mempan, sudahlah Buk mungkin kita memang harus damai dengan tikus dan hidup berdampingan dengan tikus, dinikmati saja,” kata Bapak menenangkan Ibuk.

“Hidup berdampingan gimana sich … tuch … liwat lagi pak buesar-buesar,” kata ibu sambil menunjuk ada 2 tikus melewati ibu dan Bapak duduk diteras depan.

Tikus menjadi ketakutan sebagian wanita dan anak-anak karena kemunculannya selalu mendadak dan larinya cepat sekali, intinya bikin kaget. Tapi semua tahu tidak kalau tikus itu hewan purba. Kok bisa ? bisalah kan tikus sejak dulu sudah ada dan tubuhnya juga segitu saja. Berarti hewan yang peru dilestarikan. Bener gak sich??? Tetapi kenapa jarang sekali ornag memelihara tikus, malah sering dipakai percobaan. Yuks kita coba pelajari siapakah si Tikus ini.

Tikus adalah hewan pengerat. Munurut info dari Wikipedia suku tikus-tikusan atau Muridae adalah salah satu family hewan penegrat dari ordo Rodentia. Spesies tikus yang paling dikenal adalah mencrit serta tikus got yang ditemukan hampir di semua Negara dan merupakan suatu organism model yang penting dalam biologi.

Tikus adalah hewan yang paling tangguh di bumi. Selalu dianggap sebagai hewan yang pintar dan penuh rahasia. Namun tikus bagi manusia merupakan gangguan umum ynag perlu diberantas terutama saat bisa masuk rumah dan lemari tentunya. Tikus bisa menjadi hama juga bisa menjadi penyelamat suatu bangsa (itu dikartun sich, selama ini tikus menganggu kalau aku). Tikus merupakan hewan binatang social yang hidup di dalam komunitas luas dan saling terikat dengan tikus lainnya. Tikus itu sebenarnya suka hidup bersama manusia dan bergantung sekali dengan manusia. Tikus itu terkenal dipelosok negeri baik kota maupun pedesaan sangat mengenal mereka dan ingin membasminya tetapi itu tidak bisa dilakukan begitu saja.

Sebenarnya tikus itu hidup dimana sich? Tergantung jenis tikus ya. Ada tikus rumah jelas suka sekali tinggal di rumah-rumah dan  tikus got tinggal diselokan dan badannya besar sekali. Tergantung dimana tikus tinggal dan daerah mana yang jelas mereka mampu secepatnya beradaptasi dengan lingkungan baru. Tikus liar yang hidup dialam bebas seperti hutan atau sawah lebih suka hidup dipohon dan menggali lubang ditanah untuk menyimpan makanan dan membesarkan anak-anaknya.

Di sisi lain, ketika tikus hidup di dekat dengan manusia misalnya di ekosistem perkotaan, mereka dapat hidup hampir di mana saja asalkan memiliki akses yang cukup ke sumber makanan dan cocok untuk tempat berlindung dan berkembang biak. Jenis tikus atap atau tikus rumah (Rattus rattus) sesuai dengan namanyanya - cenderung memiliki tempat berteduh di bagian atas bangunan, seperti plafon atau loteng. Jenis tikus got atau juga dikenal dengan sebutan tikus Norwegia (Rattus norvegicus) memilih tempat tinggal yang berada dekat dengan permukaan tanah. Jenis tikus satu ini umumnya ditemukan hidup di tempat seperti tumpukan sampah atau di bawah beton sebuah bangunan.

Tikus adalah pemakan oportunistik, artinya mereka akan makan apa pun yang mereka temukan. Namun, makanan yang dimakan tikus tergantung pada tempat yang mereka tinggali. Di alam liar, makanan tikus terdiri dari biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Di daerah perkotaan, makanan yang disukai tikus berasal dari sisa-sisa makanan manusia yang mereka temukan di tempat sampah, semua makanan yang dimakan oleh manusia dan juga sisa makanan hewan peliharaan.

Tikus bukan hanya gangguan tetapi juga berpotensi menyebarkan beberapa penyakit berbahaya bagi kesehatan manusia.Tikus diketahui menularkan lebih dari 35 penyakit berbahaya kepada manusia. Penyakit yang dibawa oleh tikus ini diketahui dapat menyebar ke manusia melalui kontak langsung maupun tidak langsung, misalnya: 

·           Ketika menangani masalah tikus hidup atau mati yang sudah terinfeksi

·           Kontak langsung dengan kotoran tikus, ini juga termasuk urin atau air liur tikus

·           Terkena gigitan atau cakaran tikus

·           Mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh kotoran tikus atau urin tikus

Beberapa penyakit yang dibawa oleh tikus antara lain adalah: 

1.    Salmonella – Adalah salah satu jenis keracunan makanan paling umum yang disebabkan ketika mengkonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh urin dan kotoran tikus.

2.    Hantavirus – Merupakan penyakit yang mirip dengan flu yang ditularkan oleh tikus ke manusia melalui kontak dengan urin dan kotoran tikus yang terinfeksi atau melalui debu yang mengandung partikel infeksius.

3.    Leptospirosis (penyakit weil) – Adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira yang menyebar melalui urin atau darah tikus yang terinfeksi. Manusia umumnya terkena penyakit ini akibat kontak langsung dengan tanah atau air yang telah terkontaminasi dengan urin tikus yang terinfeksi.

4.    Demam gigitan tikus atau rat-bite fever – Merupakan infeksi yang disebabkan oleh dua bakteri, yaitu Streptobacillus moniliformis dan Spirillum minus. Manusia umumnya terkena penyakit ini ketika tergigit atau tercakar oleh tikus yang terinfeksi. Namun, penyakit ini juga dapat ditularkan melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan kotoran tikus atau urin.

Waduh, menurutku sich kenapa tikus suka sekali masuk rumah ya. Sama dengan alasan mengapa hama seperti kecoa dan rayap tertarik untuk menyerang rumah kita, setidaknya ada tiga faktor utama yang menjadi penyebab mengapa tikus masuk rumah kita, yaitu: mencari sumber makanan, mencari sumber minuman, dan mencari tempat untuk berlindung

Makanan jauh lebih penting daripada air bagi tikus. Tikus akan memakan apa saja yang dimakan manusia tanpa terkecuali. Mereka perlu memakan sesuatu untuk dapat bertahan hidup, dan hanya mampu bertahan hidup selama 2 - 4 hari tanpa makanan. Di sisi lain, tikus masih bisa hidup lebih dari seminggu tanpa air dan seringkali mendapatkan kebutuhan mineral mereka dari makanan-makanan dengan kandungan air tinggi seperti dari buah-buahan atau sayuran. Tikus membangun tempat berlindung yang mereka butuhkan dari tumpukan sampah yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar area rumah kita loh.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, hal terbaik yang dapat kita lakukan sebagai cara mencegah tikus masuk rumah adalah dengan membuat rumah kita kurang menarik bagi mereka. Bukan berarti rumah kita gak usah ada makanan dan minuman yang menarik tikus ya. Ada beberapa tips mencegah tikus masuk rumah yang bisa kita lakuakn sendiri di rumah:

1.        Bersihkan rumah dari barang-barang bekas seperti tumpukan koran dan kardus yang seringkali dijadikan tikus untuk bersembunyi di dalam rumah Kita

2.        Secara rutin membersihkan kebun dan halaman rumah dari puing-puing kayu, semak belukar, dan rumput ilalang yang melekat atau dekat dengan struktur rumah Kita

3.        Tutup semua celah, retakan dan lubang di bagian luar rumah Kita termasuk pada bagian struktur atap rumah

4.        Pastikan tempat sampah yang berada di luar rumah dilengkapi dengan tutup, dan tempatkan pada jarak yang cukup jauh dari rumah Kita.

5.        Secara teratur untuk mencuci tempat sampah yang berada di dalam rumah

6.        Hindari untuk meninggalkan atau membiarkan sampah bermalam di dalam rumah Kita.

7.        Simpan makanan Kita ke dalam wadah yang tertutup rapat.

8.        Jangan pernah meninggalkan makanan terbuka di area dapur atau ruang makan ketika sedang tidak atau hendak dikonsumsi

 

    Sumber foto: wikipedia

Nah, bagaimana sudah tahukan apa itu tikus? Yuks berdamai dengan tikus karena mau tidak mau kita hidup bersamanya. Tapi ada syaratnya loh tuch ada 8 hal yang bisa dilakukan. Minimal tikus ogah-ogahan dolan kerumah kita. Paling hanya melirik. Oh ya kenapa kok gak pakai kucing saja untuk membasmi tikus. Itu sich cara kuno tetapi kenyataanya si Tom gak pernah bisa menagkap si Jerry … 😃😃😃 coba bayangkan kalu kucing kita yang lembut dan manis makan tikus dimulutnya, auto dech kubuang kucing itu, takut ….

Jadi jaga kebersihan, barang gak berguna diberikan orang yang membutuhkan biar rumah kita menajdi bersih dan si Tikus akan “sungkan”  😳

 

 

#Kebersihan pangkal dari keimanan

#Jaga selalu Kesehatan dengan memulai bersih-bersih termasuk bersihin barang mantan

#One Day One Post pecan 3 End

#damaikan hati damaikan hidup


Komentar