GURU BELAJAR SERI MASA PANDEMI COVID-19

 


Kali ini saya ingin menceritakan tentang guru belajar yang sedang narak beredar dikalangan guru. Dengan adanya merdeka belajar, guru tidak ada kesulitan dalam mengasah pengetahuannya dikarenakan banyak sekali program yang dapat diikuti oleh guru. Salah satunya guru belajar. Yuks kita ikuti informasinya  yang bersumber dari laman https://gurubelajar.kemdikbud.go.id

Apa itu program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19? Program pembelajaran yang dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kondisi khusus , seperti masa pandemi COVID-19, dengan tetap memberikan pembekalan dasar yang bermakna bagi siswa untuk melakukan merdeka belajar.

 


Apa tujuan program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19?

1.   Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh berbasis beban kurikulum yang disederhanakan.

2.  Mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan siswa.

3.  Mengembangkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif.

4.  Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran.

 

Apa serunya belajar bersama di program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19?

 Bisa mengatur sendiri waktu belajar sesuai kesibukan masing-masing.

   Memudahkan mempelajari konten pembelajaran yang telah dipecah menjadi unit belajar yang lebih kecil.

 


Bisa memilih tantangan yang sesuai dengan kemampuan Anda, apakah menyelesaikan Tahap 1, Tahap 2 atau hingga tuntas Tahap 3.


Bisa belajar bersama dengan rekan guru yang lain untuk menyelesaikan semua tahapan program.

 

Siapa yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19? Program istimewa ini dapat diikuti guru yang telah mempunyai akun SIMPKB

 


Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 terdiri dari 4 tahap yaitu:

Tahap 0: Orientasi Program

Orientasi Program yang membekali peserta mengenai latar belakang, tujuan umum, penjelasan umum dan struktur Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19. Dengan demikian, peserta bisa memahami pentingnya program ini untuk membantu peserta menjalankan praktik pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran siswa.

Tahap 1: Bimtek

Bimtek yang membekali peserta untuk memahami konsep yang terkait dengan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19 merujuk pada sejumlah peraturan dan panduan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta praktik baik yang telah dilakukan oleh sejumlah guru. Tahap 1 berisi Pembelajaran Mandiri yang dapat diatur secara luwes sesuai kesibukan masing-masing peserta. Peserta yang menyelesaikan Tahap 1 akan mendapatkan Sertifikat Bimtek dengan nilai 32 jam.

Tahap 2: Diklat

Diklat yang memberi kesempatan peserta mempelajari, merancang, menerapkan dan merefleksikan praktik Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Tahap 2 terdiri dari 2 aktivitas belajar yaitu mempelajari video webinar untuk mendapatkan inspirasi dan Pembelajaran Mandiri untuk merancang, menerapkan dan merefleksikan Pembelajaran Jarak Jauh. Peserta yang menyelesaikan Tahap 2 akan mendapatkan Sertifikat Diklat dengan nilai 32 jam.

Tahap 3: Pengimbasan

Pengimbasan yang mengundang peserta untuk menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19 hingga tuntas Tahap 1. Peserta yang menyelesaikan Tahap 3 akan mendapatkan Piagam Penghargaan dari Direktorat Jenderal GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta berkesempatan diundang mengikuti Wisuda Daring Lulusan Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi COVID-19.

Adapunjadwal juga sudah tertera tinggal kita mau mengikuti tahapan itu sesuai angkatan yang dipilih. Loh enak kan ! semua sesuai dengan kondisi guru dimanapun berada. Belajarlah sepanjang hayat, kata tersebut selalu muncul didalam otakku karena aku yakin semua individu hidup didunia ini selain sebagai khalifah juga harus belajar dalam berbagai aspek yang akan memudahkan perjalanan dikehidupan ini.


yuks belajar ... belajar ....


Komentar