MENGENAL HAID ATAU MENSTRUASI

 


Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Siklus ini merupakan proses organ reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan. Persiapan ini ditandai dengan penebalan dinding rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah. Mengapa hal ini terjadi? Yuks kenalan dulu dengan haid/menstruasi ya dimulai dari awal pertama kalinya haid. Peristiwa haid pertama kali dialami oleh Ibu Hawa (Istri Nabi Adam A.S). Haid merupakan salah satu tand abahwa seorang wanita sudah memasuki usia “Balig. Pada saat itu semua wanita akan mengalami perubahan dalam berbagai sisi biologis. Saat wanita telah mengalami haid, akan menandakan bahwa telah memasuki masa reproduksi dalam kehidupannya dan wajib menjaga dirinya dari berbagai pergaulan terutama dengan lawan jenis.

Pada saat terjadi haid bisanya wanita tanpa sadar merasa sedih, kudu marah, badan nyeri semua, perut serasa kejang dan biasanya disebut PMS. Gejala ini muncul dengan perbedaan disetiap wanita. Kapan dan berapa lama haid itu terjadi? Seharusnya ynag normal itu satu bulan sekali, namun terkadang haid bisa datang lebih cepat atau terlambat. Ada beberapa wanita mendapatkan haid selama 1 bualan 2 kali, ada juga yang sampai 3 bulan baru haid lagi. Hal tersebut terjadi sesuai dengan kondisi hormaon dari masing-masing wanita. Berapa amanya juga tergantung kondisi seornag wanita. Ada yang sampai 10 hari, ada yang hanya 4 hari.

Hal apa saja yang perlu diperhatikan saat mengalami haid? Meskipun dalam kondisi sakit dan tidak  nyaman sebagai seorang wanita tetap harus memperhatikan hal-hal berikut ini selama haid:

1.     Menjaga kebersihan

Maksudnya saat wanita itu haid maka tetap menjaga kebersihan dan keindahan. Salah satu contoh mengganti pembalut 4 sampai 6 kali sehari sesuai dengan kondisi haid itu sendiri. Tidak membuat sembarangan pembalut yang sudah terpakai.

2.    Menjaga kesehatan

Saat haid kondidi fisik atau imu  tubuh kadang menjadi turun. Mengapa? Karena kelebihan hormone rasanya tidak ada nafsu makan dan hanya makanan atau minuman tertentu. Untuk itu perlu dijaga dengan asupan vitamin agar bisa beraktivitas seperti biasanya. Karena kalau tidak bisa menjaga kesehatan semua aktifitas akan berhenti. Misalkan dengan mengkonsumsi tablet tambah darah, madu, dan vitamin C. dan jangan lupa tetap berolah raga.

3.    Menjaga Keimanan

Meskipun dalam beberapa aturan kesehatan dan secara agama ada beberpa peraturan yang memang wajib dilakuakn dan dihindari selama haid, seornag wanita tetap menjaga keimanannya dengan tidak melanggar aturan yang sudah diberikan sesuai aturan agama. Misal dalam agama Islam yang jelas tidak diperbolehkan masuk masjid, tidak melaksanakan sholat, tidak memegang Al Qur’an dan lain sebagainya. Bagaimana caranya? Bisa tetap melakukan sedekah, berdzikir, membantu keluarga menyiakan hidangan berbuka saat Ramadhan dan sebagainya.

4.    Menjaga Psikologi (emosi)

Saat haid memang selalu ada ledakan emosi yang tidak stabil. Untuk itu sebagai wanita tetaplah menjaga emosinya dengan baik. Caranya bagaimana? Dengan melakukan kegiatan yang positif ya.

Nah itu sedikit sekelumit yang bisa kuceritakan tentang haid. Bukan dilihat dari istilah atau sisi kesehatan ataupun agama, tetapi melihat secara umum ynag terjadi. Semoga bermanfaat bagi semua ya…

 

Komentar