KEWIRAUSAHAAN

 

A.  Pengertian

Kewirausahaan adalah suatu usaha untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan baru/ produk baru yang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain. Wirausaha adalah orang yang menciptakan suatu lapangan pekerjaan baru atau produk baru tersebut. Sedangkan wiraswasta adalah orang yang berani bersikap, berfikir dan bertindak menurut kemampuan dan keberanian untuk menciptakan pekerjaan (dengan kata lain jiwa/ sikap mental seorang wirausaha).

Kekuatan seorang wirausaha datang dari diri sendiri, meskipun resiko kegagalan selalu mengintip, para wirausaha mengambil resiko dengan menjalaninya dengan penuh tanggung jawab.

 

B.  Ciri-ciri Wirausaha

     Untuk menjadi orang yang berwira usaha tidak dapat dengan bertopang dagu saja semua terwujud seperti dalam novel picisan tentang seorang Ceo ataupun dalam drama korea yang semua tiba-tiba tetapi perlu mengasah kepribadian diri yang baik. dengan memiliki ciri-ciri yang khas dan wajib dimiliki seornag yang berwirausaha maka akan diperoleh kesuksesan dan kebahagiaan. adapun ciri-ciri orang yang berani berwirausaha antara lain:

1.         Berani ambil resiko

2.         Tanggung jawab

3.         Tidak Mudah Putus Asa

4.         Memiliki mental yang kuat

5.         Kreatif

6.         Trampil/ tlaten

7.         Energik

8.         Percaya diri

 

C.  Peranan Wiraswasta di dalam Dunia Usaha

Terjun dalam dunia usaha bagi lulusan SMA merupakan pilihan yang menarik, juga setelah pilihan masuk perguruan tinggi tidak tercapai. Dalam dunia kerja kita akan dapat mempelajari berbagai kehidupan dunia dewasa yang akan dapat mematangkan peranan para lulusan SMA ke masyarakat yang lebih luas.

Dalam persiapan diri untuk memasuki dunia kerja, hendaknya untuk berfikir akan menjadi karyawan suatu perusahaan tetapi bisa berusaha sendiri meskipun masih dengan modal kecil. Oleh karena itu hendaknya lulusan SMA yang mencari kerja memperoleh gambaran pekerjaan di masyarakat yang akan diperolehnya, syarat-syarat yang diperlukan, tuntutan-tuntutan yang akan dihadapi dan sebagainya sehingga dapat memilih pekerjaan yang cocok dan memperoleh modal yang banyak untuk memulai suatu wirausaha. Dalam wirausaha perlu modal dalam diri berupa hal-hal dibawah ini:

  • Memilih jenis usaha yang akan dilakukan sesuai dengan bidang yang digelutinya
  • Mengembangkan berfikir positif, bahwa apapun yang dilakukan akan bermanfaat bagi orang lain
  • Pantang menyerah dan berorientasi berhasil dalam setiap usaha yang dilakukan
  • Belajar bagaimana cara mengambil resiko
  • Memiliki jiwa kepemimpinan dalam membimbing rekan kerjanya untuk mencapai tujuan bersama
  • Mengembangkan sikap kreatif dan inovatif 
  • Berfikir kedepan dalam memprediksi dalam semua tindakan pekerjaannya.
   Jangan ditanya mengapa ini kutulis? karena diawal ada kebingungan mau menulis tentang unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik tetapi entah mengapa kok beku pikiran akhirnya memuat tulisan tentang kewirausahaan agar yang membaca mengerti mengapa orang sukses itu tidak muncul secara "Sim salabim" atau "Focus-focus trulala" namun menggunakan usaha yang tidak sedikit. pantang menyerahlah yang perlu digelak agar tetap berdiri meskipun ambatan menerjang.

Komentar