REVIEW-INKLUSIF DUNIAKU


 

REVIEW BUKU-INKLUSIF DUNIAKU

Penulis adalah  Dra. RUKMINI AMBARWATI M.Psi.

Beliau adalah guru SMA 1 Gedangan Sidoarjo. Sejak tahun mendapatkan amah untuk membimbing anak-anak berkebutuhan khusus sebagai koordinator Inklusif di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo Jawa Timur. Karya-karya literasinya bersliweran di medsos  seperti Tribunnews, Harian jawa Pos, Surya.co.id Guru Siana dan Jurnal Pendidikan.

Buku ini beliau tulis untuk menyampaikan informasi tentang inklusif itu seperti apa. Di dalam daftar isi ada 10 bagian yang diceritakan antara lain:

1.     Jalan Tuhan

2.    Koki tanpa alat masak

3.    Sedihku

4.    Tugasku

5.    Komunikasi dengan orang tua

6.    Kegiatanku

7.    Kejutan untukku

8.    Hebatnya mereka

9.    Sulitnya menggapai mimpi

10. Bahagiaku

Yang palin menarik dari buku ini adalah saat menceritakan kejutan untukku. Disitu digambarkan tentang kejutan dari anak ABK atau inklusif yang memberikan prestasi tersendiri dengan bisa melakukan hal-hal sederhana yang menjadi ketercapaian kemampuan. Misalkan ABK ynag selalu mencoret-coret bangku, pengendalian emosi kurang. Disitu diceritakan bagaimana Ibu Ambar bisa membantu siswa ABK tersebut menjadi bisa mengendalikan emosinya dengan baik.

Sinopsis

Jejak langkah dalam membimbing dan melayani sepenuh hati pada siswa berkebutuhan khusus merupakan tantangan tersendiri bagi seorang  guru I sekolah penyelenggara Inklusif. Bagaimana tidak? Guru yang selama ini hanya mengajar membimbing siswa regular dihadapkan pada siswa berkebutuhan khusus dengan beragam hambatan. Buku ini sebagai jawabannya. Berisi tentang pengalaman nyata dalam membimbing ABK di sekolah. Stop Kekeliruan dalam membimbing ABK. Buku ini penting dibaca oleh guru dan orang tua atau siapa saja yang perduli terhadap anak berkebutuhan khusus.

Komentar